Header Ads Widget

Bahasa Vernakular Adalah?

bahasa vernakular

Bahasa Vernakular adalah bahasa atau variasi bahasa selain bahasa standar atau yang umum digunakan. Bahasa Vernakular sendiri sering dibedakan dari bahasa sastrawi, ilmiah, atau variasi bahasa lain yang memiliki prestise yang tinggi.

Cara lain untuk memahami bahasa Vernakular adalah dengan melihat varian bahasa apa yang telah dikodifikasi, atau disempurnakan seiring waktu oleh badan atau kewenangan yang memiliki hak untuk melakukannya, dalam hal ini Badan Bahasa. Bahasa Vernakular adalah bahasa yang berada di luar proses tersebut.

Definisi Bahasa Vernakular juga dapat diartikan ragam bahasa lisan dari suatu bahasa, yang merupakan bahasa sehari-hari masyarakat yang tidak melalui proses kodifikasi. Oleh karena itu, vernakular biasanya tidak memiliki status resmi di suatu negara karena hanya digunakan dalam bahasa sehari-hari.

Vernakular pada umumnya dipengaruhi oleh keadaan sosial, budaya, atau keadaan geografi dari penuturnya. Sebagai contoh, bahasa sehari-hari yang digunakan masyarakat kelas menengah dan kelas bawah dapat berbeda. Contoh lain, adalah perbedaan penggunaan bahasa antara satu daerah dengan daerah lainnya yang biasanya dipengaruhi oleh dialek setempat. Vernakular biasanya dianggap lebih rendah dibandingkan dengan bahasa baku.