Header Ads Widget

11 Pengertian Frasa Menurut Para Ahli dan Cirinya

pengertian frasa

Pengertian Frasa

1. verhaar (2001)

Menjelaskan bahwa frasa adalah kelompok kata yang merupakan bagian fungsional dari tuturan yang lebih panjang.

2. Kentjono (1990)

Mendefinisikan frasa sebagai satuan gramatika yang terdiri dari dua kata atau lebih dari dua kata yang tidak berciri klausa yang pada umumnya menjadi pembentuk dalam klausa.

3. Keraf (1991)

Arti frasa adalah suatu konstruksi yang terdiri atas dua kata atau lebih yang membentuk suatu kesatuan.

4. Kridalkasana (1993)

Pengertian frasa adalah gubungan dari dua kata atau lebih yang sifatnya tidak predikatif, gabungan itu dapat rapat, dapat renggang.

5. Parera (1994)

Memberikan batasan frasa sebagai suatu konstruksi yang dapat dibentuk oleh dua kata atau lebih, baik dalam sebuah pola dasar kalimat maupun tidak.

6. Chaer (1998)

Frasa merupakan gabungan dua kata atau lebih yang merupakan satu kesatuan, dan menjadi salah satu unsur atau fungsi kalimat (subjek, predikat, objek, atau keterangan).

7. Tarmini

Pengertian frasa adalah suatu konstruksi yang terdiri dari dua konstituen atau lebih yang mampu mengisi fungsi sintaksis tertentu yang terdapat dalam kalimat akan tetapi tidak melampui dari batas-batas fungsi klausa atau yang dapat dikatakan sebagai frasa itu nonpredikatif.

8. Lyons

Definisi frasa adalah satu kelompok kata yang secara gramatikal sepadan dengan satu kata dan tidak memiliki subjek dan predikat sendiri.

9. Putrayasa

Arti frasa menurut Putrayasa adalah kelompok kata yang memiliki kedudukan sebagai sautu fungsi dalam kalimat yang tidak semua dari frase itu terdiri dari kelompok kata.

10. Trask (1999)

Arti frasa menurut Trask adalah unit gramatikal yang lebih kecil dibandingkan klausa, terdiri dari 2 kata atau lebih, tapi tidak terkadung unsur-unsur yang ada pada klausa.

11. Redford (1999)

Pengertian frasa adalah rangkaian 2 kata atau lebih yang bukan merupakan klausa, karena tidak berisi subjek dan atau predikat.

Ciri-ciri Frasa

  • Terdiri dari minimal 2 kata atau lebih.
  • Bersifat non-predikatif.
  • Memiliki fungsi gramatikal dalam kalimat.
  • Dalam frasa harus memiliki satu makna gramatikal.
  • Selalu menduduki satu fungsi kalimat.
  • Maknanya dapat berubah sesuai pemakaiannya.
  • Kata penyusun frasa masih mampu dipertahankan untuk makna aslinya.