Header Ads Widget

Cara Menyembelih Hewan Kurban dan Doanya



Sebentar lagi umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau yang biasa disebut lebaran haji. Dalam ajaran agama Islam, lebaran haji dilakukan dengan menyembelih hewan kurban.

Berkurban adalah sebuah bentuk ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, seperti yang tertera dalam Surat Al Kautsar:
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ. [الكوثر

Artinya: "Maka salatlah engkau karena Tuhanmu dan berkurbanlah.”

Oleh karenanya, jika kita memiliki rezeki lebih, alangkah baiknya kita berkurban di Hari Raya Idul Adha untuk meningkatkan iman kepada Allah SWT sekaligus menjadi penolong kita di akhirat kelak.

Nah, bicara tentang kurban, sudah tahukah kamu bagaimana cara menyembelih hewan kurban dan doanya? Jika belum, kali ini Sastrawacana.id akan memberikan informasi lengkap, mari disimak!

Baca juga: Kumpulan Ucapan Idul Adha untuk Sahabat dan Keluarga

Cara Menyembelih Hewan Kurban


Ada beberapa tahapan dalam cara menyembelih hewan kurban yang baik dan benar sesuai ajaran Islam. Adapun tahapannya sebagai berikut:

  • Orang yang menyembelih hendaknya adalah orang yang berakal dan berilmu.

  • Pertama, membaca basmalah terlebih dahulu.

  • Selanjutnya, membaca selawat untuk Nabi Muhammad SAW.

  • Kemudian, hewan yang disembelih harus menghadap kiblat.

  • Posisi hewan dibaringkan di atas lambung sebelah kiri dengan posisi leher menghadap kiblat.

  • Setelah posisi benar, kemudian dilanjut dengan membaca takbir tiga kali dan tahmid satu kali (اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ)

  • Selanjutnya, membaca doa menyembelih hewan kurban:اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ (Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm)

  • Hendaknya menggunakan alat sembelih atau pisau yang tajam karena jika pisau yang digunakan tumpul, itu akan menyiksa hewan kurban.

Nah, itulah doa menyembelih hewan kurban dan caranya. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.id ya!