Header Ads Widget

7 Kegiatan yang Cocok Dilakukan Saat Hari Pahlawan

Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November setiap tahunnya. Hari dimana masyarakat seluruh Indonesia memiliki kesemptan untuk mengenang jasa Para Pahlawan yang telah mendahului kita.

Semua kegiatan yang dilakukan bukan hanya untuk senang-senang tapi didalamnya harus selalu ada suatu pelajaran yang dapat mengingatkan dan mengajarkan kepada para penerus bangsa agar memiliki semangat juang seperti para pendahulu kita.

Nah, kegiatan seperti apa sih, yang bisa dilakukan untuk menyambut Hari Pahlawan? Yuk. Kita simak ulasan yang berikut ini.

1. Kerja Bakti

Kegiatan ini dapat di selenggarakan dari pihak desa atau sekolah dan instansi. Kegiatan yang sangat umum ini dapat menumbuhkan rasa gotong royong dan peduli terhadap lingkungan yang dapat dikerjakan secara bersamaan.

2. Upacara Bendera

Inilah hal yang paling penting, yaitu mengadakan upacara. Upacara khusus ini menyimbolkan kehormatan dari bangsa kepada Para Pahlawan yang telah gugur setelah berjuang demi kemerdekaan RI.

3. Berkunjung Ke Museum

Mungkin bagi kamu yang tidak suka berdiam diri dirumah, atau panas-panas an. Kamu dapat mengunjungi museum di kota terdekat kamu, selain mendapatkan hiburan kamu juga bisa mendapatkan wawasan tambahan tentang sejarah. Sungguh bermanfaat bukan.

4. Teatrikal

Nah, kegiatan inilah yang paling seru. kamu bisa mengadakan acara atau mengikuti teatrikal untuk menyambut Hari Pahlawan. Kamu bisa beradu akting dengan kawan mu. Kamu juga bisa mengasah skill terpendam kamu yang ternyata kamu jago dalam akting.

5. Ziarah Ke Makam Pahlawan

Salah satu kegiatan sakral bisa kamu lakukan dengan cara berziarah ke Makam Pahlawan guna memperingati Hari Pahlawan. Kamu bisa memanjatkan doa dan memberikan taburan bunga di atas makam.

6. Nonton film perjuangan

Memang benar ya, semua kegiatan bisa dilakukan untuk menyambut hari besar ini. salah satunya adalah dengan memutar dan menonton film perjuangan bersama. Kegiatan ini akan sangat lengkap jika kamu mengajak orang terdekat, teman dan keluarga untuk menonton film ini. wahh, pasti seru nih.

7. Baca buku biografi pahlawan

Terakhir nih, Bagi para kutu buku atau pecinta novel. Yuk, sebentar saja coba baca buku biografi Pahlawan terdahulu atau sejarah RI. Hal sederhana ini ternyata bermanfaat untuk menumbuhkan rasa cinta, kekaguman dan semangat yang ditularkan oleh Para Pejuang melalui suatu buku.

Nah, itulah 7 kegiatan seru, sakral dan menarik yang bisa kamu lakukan untuk menyambut Hari Pahlawan. Gunakanlah kesempatan ini sebaik mungkin, dan ingatlah selalu bahwa terdapat hal yang bisa dicontoh dari para pejuang dahulu yang selalu memiliki semangat juang hingga akhir nafas.