Header Ads Widget

8 Langkah Membuat Lagu yang Indah dan Enak Didengar


Buat kamu yang punya hobi bermusik, pasti sempat terbesit keinginan untuk membuat lagu sendiri, kan? Selain terlihat keren, menciptakan lagu adalah sebuah kebanggaan serta prestasi karena sudah berkarya.

Namun membuat lagu tidaklah semudah yang dibayangkan, juga tidak sesulit yang diperkirakan. Jika kamu mengerti tahapan serta langkah-langkah membuat lagu yang baik dan benar, maka bukan mustahil jika kamu memiliki karya yang indah dan enak di dengar.

Cara Membuat Lagu

Lantas, apa saja cara atau langkah membuat lagu? Simak informasinya berikut ini.

1. Menentukan Tema Lagu

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat lagu adalah menentukan tema. Sebab, dengan tema itu nanti kamu bisa membuat konsep akan seperti apa lagu yang kamu ciptakan nantinya.

Penting juga, tentukan tema yang kamu kuasai atau yang sedang kamu rasakan saat ini. Misalnya kamu sedang jatuh cinta, maka tema yang diangkat sebaiknya tentang percintaan.

2. Membuat Kerangka Atau Konsep

Setelah menentukan tema, kamu harus menentukan kerangka atau konsep dari lagu tersebut. Sebab, lagu ibarat tubuh yang diisi dengan kepala, badan, tangan, dan kaki.

Setiap anggotanya harus saling bersinergi agar menjadi sebuah karya yang luar biasa. Jadi tentukan konsep atau kerangka agar tidak melebar ke tema lain.

3. Menentukan Judul

Dan yang penting dalam membuat lagu adalah kamu harus menentukan judul lagu. Usahakan judul yang dipilih memiliki makna yang dalam dan pelafalan yang khas agar mudah diingat serta menjadi pembeda dengan lagu lain.

Tidak ada aturan khusus dalam membuat judul lagu, tapi alangkah baiknya jika judul tidak terlalu panjang.

4. Menulis Lirik dengan Memerhatikan Diksi

Selanjutnya, tahapan penting dalam menulis lagu adalah menulis lirik. Usahakan untuk menulis lirik dengan diksi yang tepat.

Sebab, nantinya kata-kata yang tertuang dalam lagu bisa menambah rasa pada lagu tersebut sehingga pendengar menjadi lebih terbawa ke dalam lagu yang kamu ciptakan.

5. Menentukan Notasi Atau Nada

Ketika lirik sudah selesai ditulis, maka kamu akan tahu arah dari lagu tersebut. Ketika lagu yang ditulis adalah tipe lagu bahagia, maka kamu bisa menggunakan notasi yang ceria, misalnya nada mayor.

Begitu pula sebaliknya, ketika lirik yang ditulis penuh dengan kesedihan cinta, maka nada yang harus diambil adalah nada-nada galau, misalnya minor.

6. Menentukan Tempo

Langkah membuat lagu yang satu ini hampir sama dengan menentukan notasi atau nada. Kamu harus menentukan tempo yang sesuai dari makna lagu.

Ketika lagunya adalah lagu ceria dan bahagia, maka lebih nikmat didengar menggunakan tempo sedikit cepat. Sedangkan saat liriknya sangat sedih, maka yang cocok adalah dengan tempo pelan.

7. Memastikan Penggunaan Alat Musik

Dan yang tak kalah penting juga dalam proses pembuatan lagu adalah memastikan nantinya lagu tersebut akan diiringi alat musik apa saja.

Sebab, harmonisasi dalam sebuah lagu bisa dipengaruhi oleh alat musik yang digunakan. Misalnya kamu bisa menambah embel-embel harmonika atau biola di tengah-tengah lagu sebagai pemanis.

8. Revisi Sampai Final

Terakhir, kamu harus terus melakukan revisi terhadap lagu yang kamu ciptakan. Jangan sampai mudah merasa puas.

Sebab karya yang luar biasa lahir dari beberapa kesalahan yang harus diperbaiki. Kamu harus meminta saran dari teman ataupun orang yang berpengalaman untuk menyempurnakan lagumu.

Nah, itulah 8 langkah atau cara membuat lagu sendiri yang indah dan enak didengar yang bisa kamu coba. Selamat berkarya!