Header Ads Widget

Bulgarian Yoghurt, Makanan Sehat yang Ada Unsur Sejarahnya

Susu merupakan minuman yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh karena kaya akan kalsium, protein, serta nutrisi penting lainnya.

Oleh sebab itu, tak heran jika banyak orang yang suka mengonsumsi susu, baik secara langsung atau dalam bentuk produk olahan susu. Salah satu produk olahan susu yang sangat digemari oleh banyak orang adalah yogurt.

Yogurt terbuat dari bahan dasar susu yang difermantasi oleh bakteri baik. Ada banyak manfaat baik yang bisa diperoleh jika rutin mengonsumsi yogurt, seperti melancarkan pencernaan, mencegah susah buang air besar, dan masih banyak lainnya.

Yogurt sendiri memiliki beragam jenis. Akan tetapi, yang cukup populer saat ini adalah Bulgarian Yogurt. Sesuai namanya, Bulgarian Yogurt difermentasi dengan bakteri baik di tanah Bulgaria sehingga menciptakan rasa yang khas.

Kamu tertarik dengan yogurt ini? Sebelumnya, kenali dulu fakta-fakta di balik Bulgarian Yogurt yuk!

1. Dikenal Lebih Dari 4000 Tahun

Tahukah kamu bahwa Bulgarian Yogurt sudah dikenal cukup lama tepatnya 4000 tahun yang lalu? Ya, awal mula terciptanya yogurt ini berasal dari legenda yang tersimpan dari penduduk asli Bulgaria.

Suatu hari, ada pengembara yang sedang menjelajahi Bulgaria dengan membawa satu kantong susu. Kantong susu tersebut terbuat dari kulit hewan yang disebut dengan rutatka.

Tanpa sengaja ternyata kandungan bakteri baik yang berada pada kantong susu tersebut mengakibatkan proses fermentasi sehingga susu mengalami perubahan yang dikenal sebagai yogurt.

2. Paling Terkenal di Dunia

Ada banyak jenis yogurt di dunia, namun yang paling populer hanyalah Bulgarian Yogurt. Hal ini dikarenakan Bulgarian Yogurt memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Adapun manfaatnya seperti menjaga kesehatan pencernaan, membantu tubuh melawan bakteri jahat, mencegah darah tinggi, hingga membantu menjaga kesehatan tulang.

3. Dikonsumsi Setiap Hari oleh Masyarakat Bulgaria

Di Indonesia, mayoritas masyarakata mengonsumsi yogurt hanya sebagai makanan sampingan saja. Bahkan, mereka hanya mengonsumsi yogurt jika mereka sedang ingin dan mengatasi masalah buang air besar.

Berbeda dengan masyarakat Bulgaria, mereka justru menjadikan yogurt sebagai makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari, yakni 3 kali sehari.

4. Masyarakat Bulgaria Berusia Lebih dari 100 Tahun

Percaya atau tidak, mayoritas masyarakat asli Bulgaria memiliki usia lebih dari 100 tahun. Hal ini dikarenakan kepercayaan mereka terhadap yogurt yang jika dikonsumsi secara rutin bisa membuat awet muda.

Namun, benarkah demikian? Sebuah penelitian yang tertulis dalam sebuah buku menjelaskan bahwa para petani yang hidup di pegunungan Rhodope memiliki usia lebih dari 100 tahun.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa kepercayaan mereka terhadap yogurt yang dapat membuat awet muda bisa dikatakan benar.

5. Dikenal Sebagai Makanan Ajaib

Tidak hanya masyarakat asli Bulgaria saja yang menikmati Bulgarian Yogurt, tapi juga banyak negara lain yang mulai menyukainya. Bahkan, mereka menganggap bahwa Bulgarian Yogurt merupakan makanan ajaib.

Hal menarik yang bisa ditemui saat berkunjung ke Bilgaria adalah setiap keluarga di Bulgaria akan membuat yogurt yang diletakkan di teras rumah. Hal tersebut dilakukan agar para pengunjung lebih mudah menikmatinya sebagai ucapan selamat datang.

Itulah fakta tentang Bulgarian Yoghurt yang kental dengan sejarahnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.id