Header Ads Widget

Mengenal Filateli, Hobi Lama yang Jarang Diminati Lagi



Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kata filateli, tapi tahukah kita apa arti dari istilah tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Menurut Kbbi, Filateli adalah orang yang gemar membuat koleksi dan menyelidiki prangko. Sedangkan menurut bahasa, filateli merupakan istilah yang berasal dari Bahasa Yunani yaitu philos yang artinya teman dan atelia yang artinya bebas bea. Sehingga secara harfiah, filateli bisa juga diartikan sebagai membebaskan teman dari bea pos.

Memang terdengar sedikit unik, tapi itulah istilah yang ketika dijabarkan menjadi sebuah hobi mengumpulkan prangko dengan beberapa maksud, salah satunya membantu teman yang membutuhkan prangko.

Biasanya seorang filateli suka mengoleksi prangko edisi lama, meski edisi baru juga dikumpulkan. Menurut mereka, semakin lama usia dari prangko tersebut maka nilainya semakin tinggi, baik nilai sejarah maupun nilai jual.

Di Indonesia sendiri kegiatan ini mendapat dukungan dari PT Pos Indonesia. Di setiap kantor pos besar terdapat loket atau ruang filateli. Hanya saja, peminatnya yang semakin berkurang dari hari ke hari. Kalau dulu, sangat banyak ditemukan filateli.

Namun semakin berkembangnya jaman, hasrat untuk mengoleksi prangko pun semakin menurun, mengingat saat ini keperluan surat-menyurat sudah tergantikan dengan digital, yaitu e-mail.

Kendati demikian, penggemar atau pengoleksi prangko masih tetap ada sampai saat ini walau jumlahnya sudah tak banyak lagi.

Ada sebuah kebanggaan tersendiri ketika bisa mengumpulkan prangko-prangko yang sifatnya kuno. Bahkan ada sebuah kepercayaan bahwa prangko-prangko tersebut akan memiliki nilai jual fantastis suatu hari nanti.

Nah, itulah pengertian serta gambaran umum dari filateli. Sekarang sudah paham, kan?