Header Ads Widget

Contoh Kata Pengantar Laporan dan Karya Ilmiah

Kata Pengantar

Kata pengantar adalah sebuah ucapan syukur atau rasa terima kasih penulis karena karya ilmiah yang ditulis telah berhasil dirampungkan. Biasanya, kata pengantar selalu diletakan pada bagian awal makalah, sebelum pendahuluan dan isi.

Dalam kata pengantar sendiri, penulis bebas menuliskan ucapan terima kasihnya ditujukan kepada siapa saja yang dianggap turut andil dalam menyelesaikan karya yang ditulis.

Dan yang tak kalah penting juga, dalam kata pengantar biasanya penulis juga membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi pembaca jika ada kritik atau saran guna memperbaiki karya ilmiah yang ditulis.

Contoh Kata Pengantar

Nah, agar lebih jelas, berikut adalah beberapa contoh kata pengantar yang baik dan benar.

1. Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan izin dan kekuatan kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul ’’Meningkatkan Kesadaran Sosial pada Masyarakat” tepat pada waktunya.
Tugas ini ditujukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Sosiologi Umum. Dan juga kami mengucapkan terimakasih kepada:
  1. Hilmawan Santoso selaku dosen pembimbing mata kuliah sosiologi umum
  2. Suhendro Rejo yang telah banyak memberikan bimbingan dan arahan kepada kami sehingga terwujudnya makalah ini.
  3. Pembimbing yang selalu memberi nasihat dan motivasi luar biasa untuk menjaga semangat kami.
  4. Semua pihak yang tidak sempat kami sebutkan satu per satu yang turut membantu kelancaran dalam penyusunan makalah ini.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan kelemahannya, baik dalam isi maupun sistematikanya. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dan wawasan kami. Oleh sebab itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran untuk menyempurnakan makalah ini.
Akhirnya, kami mengharapkan semoga makalah ini dapat memberikan manfaat, khususnya bagi kami dan umumnya bagi pembaca (masyarakat luas).

Jakarta,  Januari 2018

2. Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

KATA PENGANTAR

Segala puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Sehingga saya dapat membuat laporan ini sebagaimana mestinya. Saya juga sadar masih banyak kekurangan dalam Laporan Praktik Kerja Lapangan ini, oleh karenanya kritik dan saran amatlah sangat diharapkan oleh semua pihak.

Walaupun demikian, saya telah berusaha dengan semaksimal mungkin demi kesempurnaan penyusunan laporan ini, baik dari hasil kegiatan belajar mengajar di sekolah, maupun dalam menunaikan praktik kerja di lapangan.

Dalam kesempatan ini, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Laporan Praktik Kerja Lapangan ini, diantaranya:
  1. Bapak Heru, M.Pd., selaku Kepala SMA 99 Jakarta.
  2. Ibu Fatma, SE., selaku Kepala Program Administrasi Perkantoran.
  3. Bapak H. Masduki, S.A., M.M., selaku Pimpinan Umum Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta
  4. Bapak Anwar, S.Sos., selaku Pembimbing dari pihak instansi.
  5. Bapak Muhtadi, S.Pd., selaku Pembinbing dari pihak sekolah.
  6. Rekan se-angkatan.
Akhir kata, saya berharap laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca serta dapat membantu bagi kemajuan serta perkembangan SMA 99 Jakarta. Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu.

Jakarta,________________
Penyusun

Hermawan

3. Contoh Kata Pengantar Kliping

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT atas semua rahmat-Nya sehingga tim kami bisa menyelesaikan tugas kliping berikut dengan judul “Mendaur Ulang Sampah Bekas” ini dengan baik. Kami berharap agar kliping ini dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran.

Kliping yang kami buat ini tentunya masih memiliki banyak kekurangan. Atas dasar itu, kami berharap agar pembaca mau memberikan saran, masukan, dan kritiknya. Hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan kualitas kliping kami kedepannya.

Jakarta, Agustus 2018

Penyusun

4. Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji syukur hanya milik Allah SWT, karena izin-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Tak lupa kami kirimkan shalawat serta salam kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW. Beserta keluarganya, para sahabatnya, dan seluruh insan yang dikehendaki-Nya.

Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Bahasa Indonesia yang kami berjudul Penggunaan Simbol dalam Berbahas (Semiotika).

Dalam makalah ini kami menguraikan mengenai pengertian semiotika, serta struktur internal kalimat yang terdiri dari frase, klausa, dan kalimat.

Dalam penyelesaian makalah ini, kami mendapatkan bantuan serta bimbingan dari beberapa pihak. Oleh karena itu, sudah sepantasnya jika kami mengucapkan terima kasih kepada.
  1. DR. Fauzi, S.Pd. M.Pd., selaku dosen mata kuliah Bahasa Indonesia.
  2. Orang tua kami yang banyak memberikan semangat dan bantuan, baik moril maupun materil.
  3. Semua pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan makalah ini.
  4. Rekan se-angkatan.
Kami cukup menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Karena itu kami mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan makalah mendatang. Harapan kami semoga makalah ini bermanfaat dan memenuhi harapan berbagai pihak.

Jakarta, 2018

Penyusun

5. Contoh Kata Pengantar Proposal

KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat limpahan rahmat dan karunia-nya sehingga kami dapat menyusun makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Dalam makalah ini kami membahas mengenai hubungan budaya dan sosial.

Makalah ini dibuat dengan berbagai observasi dan beberapa bantuan dari berbagai pihak untuk sehingga dapat selesai dengan baik. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.

Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karena itu, kami mengharapkan saran serta kritik yang dapat membangun kami ke depannya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat kami harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.


Jakarta, 2018


Penyusun


Nah, itulah penjelasan dan contoh kata pengantar yang baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.id