Header Ads Widget

Sejarah Budi Utomo dan Tokoh Pendirinya

budi utomo

Sejarah Budi Utomo

Organisasi Budi Utomo artinya usaha mulia. Dalam sejarah berdirinya Budi Utomo, organisasi ini berdiri dari hasil dana yang di kumpulkan oleh himpunan pelajar atau dikenal dengan sebutan (Studie Fund) di kalangan priyayi di Pulau Jawa.

Adapun tujuan utama adalah untuk meningkatkan martabat rakyat dan membantu para pelajar yang kekurangan dana. Kala itu langsung diketuai oleh Dr. Sutomo.

Pendiri Organisasi Budi Utomo

Organisasi Budi Utomo digagas oleh Wahidin Sudirohusodo (1852-1917). Tepat pada tanggal 20 Mei 1908 di Yogyakarta, Budi utomo dengan resmi didirikan dengan bantuan dari Dr. Sutomo beserta pemuda STOVIA seperti Soeraji dan Mangoenkoesoemo.

Organisas Budi Utomo melakukan kongres pertama di Yogyakarta pada tanggal 3 sampai 5 Oktober 1908. Kongres tersebut membuat Budi Utomo mempunyai tujuh cabang di berbagai kota seperti di Ponorogo, Batavia, Magelang, Surabaya, Bogor, Yogyakarta, dan Bandung.

Pada saat pengadaan kongres di Yogyakarta Raden Adipati Tirtokoesoemo selaku mantan bupati Karanganyar diangkat sebagai presiden pertama Budi Utomo. Pada saat kepemimpinan beliau, banyak sekali pejabat kolonial dan kalangan bangsawan yang bergabung.

Dalam sejarah organisasi Budi Utomo, terjadi beberapa pergantian pemimpin dalam kurun waktu sepuluh tahun pertama. Pemimpin Budi Utomo kebanyakan berasal dari kalangan bangsawan keraton maupun kalangan priayi.

Contohnya mantan Bupati Karanganyar sebagai presiden pertama Budi Utomo, Pangeran Ario Noto Dirodjo (Keraton Pakualaman), dan Raden Adipati Tirtokoesoemo.

Latar Belakang Budi Utomo

Sebelum membentuk Budi Utomo, dokter Wahidin Sudirohusodo awalnya melakukan kampanye pada tahun 1906-1907 di kalangan priayi Jawa. Kampanye itu bertujuan untuk meningkatkan martabat bangsa beserta rakyatnya.

Dia membentuk Dana Pelajar (Studiefonds) untuk para pemuda yang cerdas namun tidak mempunyai biaya sekolah.

Lembaga ini dibentuk demi meningkatkan kualitas pendidikan bagi rakyatnya. Kemudian pada tahun 1907 akhir, Dr. Sutomo bertemu dengan dr. Wahidin.

Setelah pertemuan itu Sutomo menceritakan maksud dan tujuan dari dr. Wahidin kepada teman teman STOVIA.

Dalam sejarah organisasi Budi Utomo, organisasi ini dibentuk dengan tujuan awal untuk membentuk dana pelajar.

Namun setelah itu organisasi Budi Utomo diperluas jangkauannya. Nama Budi Utomo terdiri dari kata "Budi" yang artinya tabiat/perangai dan kata "Utomo" yang artinya luhur/baik.

Dengan begitu istilah Budi Utomo berarti kelompok yang ingin mencapai sesuatu hal dengan berdasar pada kebaikan, tabiat/perangai, dan keluhuran budi.

Nah, itulah sejarah singkat Budi Utomo. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel sejarah lainnya hanya di Sastrawacana.