Sistem pada mesin yang berfungsi untuk mengatur terbuka dan tertutupnya katup secara teratur sesuai dengan tertib kerja katup selama mesin bekerja adalah?
a. Mekanisme katup
b. Poros engkol
c. Timing chain d. Timing belt
e. poros nok
Jawaban:
e. poros nok
Baca juga: Sistem mekanisme katup yang penggeraknya menggunakan rantai disebut dengan?
Pembahasan:
Poros nok (camshaft) adalah komponen mesin yang bertanggung jawab untuk membuka dan menutup katup masuk dan keluar pada waktu yang tepat selama siklus kerja mesin.
Poros nok memiliki profil khusus yang mendorong katup terbuka pada saat yang tepat dan memungkinkan mereka menutup kembali secara sinkron dengan gerakan piston.
Mekanisme katup yang lebih luas mencakup poros nok bersama dengan bagian lain seperti pegas katup dan pengangkat katup.
berikut penjelasan lebih lanjut mengenai opsi-opsi yang diberikan dan bagaimana poros nok berperan dalam sistem kerja katup pada mesin:
a. Mekanisme Katup
Mekanisme katup adalah sistem keseluruhan yang mencakup berbagai komponen yang bekerja bersama untuk mengontrol pembukaan dan penutupan katup.
Ini termasuk poros nok, rocker arm, pegas katup, dan katup itu sendiri. Mekanisme ini memastikan katup terbuka dan tertutup pada waktu yang tepat untuk memungkinkan masuknya campuran udara-bahan bakar dan keluarnya gas buang.
b. Poros Engkol
Poros engkol (crankshaft) adalah komponen utama yang mengubah gerakan linier piston menjadi gerakan rotasi.
Meskipun penting dalam siklus kerja mesin, poros engkol tidak secara langsung mengatur pembukaan dan penutupan katup.
c. Timing Chain
Timing chain adalah rantai yang menghubungkan poros engkol ke poros nok, memastikan bahwa kedua poros berputar secara sinkron.
Timing chain membantu dalam menjaga timing mesin tetap tepat, tetapi bukan komponen yang secara langsung mengatur pembukaan dan penutupan katup.
Baca juga: Jika Celah Katup Terlalu Longgar Maka yang Terjadi Adalah?
d. Timing Belt
Timing belt berfungsi serupa dengan timing chain, tetapi terbuat dari bahan karet dan serat yang tahan lama.
Timing belt juga menghubungkan poros engkol ke poros nok untuk sinkronisasi.
Seperti timing chain, timing belt tidak mengatur katup secara langsung tetapi menjaga sinkronisasi antara poros engkol dan poros nok.
e. Poros Nok (Camshaft)
Poros nok adalah komponen utama yang mengatur pembukaan dan penutupan katup. Poros nok memiliki tonjolan atau lobus (cams) yang menekan katup terbuka pada saat yang tepat dalam siklus kerja mesin.
Saat poros nok berputar, lobusnya mengangkat pengangkat katup (lifters) atau rocker arm, yang pada gilirannya membuka katup. Setelah lobus berputar lebih jauh, pegas katup menutup katup kembali.
Kesimpulan:
Poros nok adalah komponen kunci yang mengatur terbuka dan tertutupnya katup sesuai dengan tertib kerja katup selama mesin bekerja.
Komponen ini memastikan katup terbuka dan tertutup pada waktu yang tepat dalam siklus kerja mesin, memungkinkan operasi yang efisien dan tepat waktu.