Indikator prioritas tambahan bagi smk yang merupakan indikator dalam dimensi D adalah?
Jawaban:
Indikator prioritas tambahan bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang termasuk dalam Dimensi D dari konsep manajemen sekolah atau pendidikan biasanya berkaitan dengan efektivitas, efisiensi, dan kualitas hasil pendidikan.
Baca juga: Salah satu peran utama adanya indikator prioritas adalah?
Berikut beberapa indikator yang mungkin termasuk dalam Dimensi D untuk SMK:
- Tingkat Kelulusan: Persentase siswa yang lulus dari SMK dalam waktu yang ditentukan.
- Tingkat Serapan Dunia Kerja: Persentase lulusan yang diterima bekerja dalam waktu tertentu setelah lulus.
- Kesesuaian Kompetensi dengan Kebutuhan Industri: Tingkat kesesuaian antara keterampilan yang diperoleh siswa dengan kebutuhan industri.
- Pengembangan Karakter dan Soft Skills: Kemampuan siswa dalam hal soft skills seperti kepemimpinan, kerja sama tim, dan komunikasi.
- Ketersediaan dan Kualitas Fasilitas Praktik: Sejauh mana fasilitas praktik mendukung pembelajaran yang efektif dan relevan dengan industri.
- Kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI): Jumlah dan kualitas kemitraan dengan perusahaan atau industri yang relevan.
- Pencapaian Sertifikasi Kompetensi: Persentase siswa yang mendapatkan sertifikasi kompetensi yang diakui secara nasional atau internasional.
- Tingkat Kepuasan Stakeholder: Kepuasan siswa, orang tua, dan industri terhadap proses pendidikan dan hasil lulusan.
Indikator-indikator ini membantu menilai sejauh mana SMK mampu menghasilkan lulusan yang siap kerja, kompeten, dan sesuai dengan kebutuhan dunia industri.