Guru yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelasnya akan melakukan hal-hal berikut ini

Guru yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelasnya akan melakukan hal-hal berikut ini:

A. Lebih banyak memberikan instruksi baik kelompok besar maupun kelompok kecil

B. Lebih sedikit memberikan instruksi dalam kelompok kecil

C. Lebih banyak memberikan instruksi dalam kelompok kecil

D. Lebih banyak memberikan instruksi dalam kelas (Kelompok besar)

E. Lebih sedikit memberikan instruksi dalam kelompok besar dan kelompok kecil

Jawaban:

C. Lebih banyak memberikan instruksi dalam kelompok kecil

Pembahasan:

Dalam pembelajaran berdiferensiasi, guru cenderung memberikan lebih banyak instruksi dalam kelompok kecil.

Hal ini karena dalam kelompok kecil, guru dapat lebih mudah memperhatikan dan menanggapi kebutuhan individual setiap siswa.

Dengan demikian, instruksi dapat disesuaikan dengan tingkat pemahaman dan kecepatan belajar masing-masing siswa dengan lebih efektif.

Dalam kelompok kecil, siswa juga memiliki lebih banyak kesempatan untuk berpartisipasi, bertanya, dan mendapatkan bimbingan langsung dari guru. Sebagai hasilnya, pembelajaran menjadi lebih personal dan efektif.

Dalam konteks pembelajaran berdiferensiasi, kelompok kecil memungkinkan guru untuk memberikan instruksi yang lebih terfokus dan disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa guru cenderung memberikan lebih banyak instruksi dalam kelompok kecil:

1. Personalisasi Instruksi

Dalam kelompok kecil, guru dapat dengan mudah mengamati dan memahami kebutuhan serta tingkat pemahaman masing-masing siswa.

Hal ini memungkinkan guru untuk menyesuaikan instruksi agar sesuai dengan kecepatan dan gaya belajar siswa secara individual.

2. Pendekatan Berbasis Kecakapan

Dengan berfokus pada kelompok kecil, guru dapat merancang instruksi yang lebih spesifik untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan yang sesuai dengan tingkat kecakapan mereka.

Hal ini membantu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung bagi setiap siswa untuk tumbuh dan berkembang.

3. Kesempatan Interaksi yang Lebih Intensif

Dalam kelompok kecil, siswa memiliki lebih banyak kesempatan untuk berpartisipasi dalam diskusi, bertanya pertanyaan, dan berkolaborasi dengan teman-teman mereka.

Hal ini menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan pembelajaran yang aktif.

4. Feedback yang Lebih Segera

Dengan jumlah siswa yang lebih sedikit dalam kelompok kecil, guru dapat memberikan umpan balik secara lebih langsung dan cepat kepada setiap siswa.

Hal ini membantu siswa untuk memperbaiki pemahaman mereka dan mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan secara lebih efektif.

Previous Post Next Post