Tahap apa yang pertama kali dilakukan saat mempraktikkan model refleksi awal-tengah-akhir pembelajaran?
A. Menjawab pertanyaan-pertanyaan sebelum dilakukan pembelajaran
B. Menjawab pertanyaan-pertanyaan selama proses pembelajaran
C. Menjawab pertanyaan-pertanyaan sesudah proses pembelajaran.
D. Menjawab pertanyaan-pertanyaan sesudah membuat laporan.
Jawaban:
A. Menjawab pertanyaan-pertanyaan sebelum dilakukan pembelajaran
Pembahasan:
Tahap pertama dalam model refleksi awal-tengah-akhir pembelajaran adalah menjawab pertanyaan-pertanyaan sebelum dilakukan pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk:
- Mengaktifkan pengetahuan awal peserta didik: Pertanyaan-pertanyaan awal membantu peserta didik untuk mengingat kembali apa yang telah mereka pelajari sebelumnya dan menghubungkannya dengan materi baru yang akan dipelajari.
- Membangun minat dan motivasi: Pertanyaan-pertanyaan yang menarik dan relevan dapat membangkitkan minat dan motivasi peserta didik untuk belajar.
- Mengidentifikasi tujuan pembelajaran: Pertanyaan-pertanyaan awal membantu guru untuk mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Pertanyaan-pertanyaan sebelum pembelajaran dapat berupa pertanyaan terbuka, pertanyaan tertutup, atau pertanyaan yang menantang.
Guru dapat menggunakan berbagai metode untuk mengajukan pertanyaan, seperti:
- Diskusi kelas: Guru dapat memimpin diskusi kelas untuk menanyakan kepada peserta didik tentang apa yang mereka ketahui tentang topik yang akan dipelajari.
- Brainstorming: Guru dapat meminta peserta didik untuk menuliskan ide-ide mereka tentang topik yang akan dipelajari di papan tulis atau di kertas.
- Kuis singkat: Guru dapat memberikan kuis singkat kepada peserta didik untuk menguji pengetahuan awal mereka.
Baca juga: Bagaimana anda menjalankan peran anda sebagai pendidik dalam kegiatan pembelajaran bersama murid?
Tahap selanjutnya dalam model refleksi awal-tengah-akhir pembelajaran adalah:
- Menjawab pertanyaan-pertanyaan selama proses pembelajaran: Pertanyaan-pertanyaan selama pembelajaran bertujuan untuk membantu peserta didik memahami materi yang sedang dipelajari dan memastikan bahwa mereka tetap fokus.
- Menjawab pertanyaan-pertanyaan sesudah proses pembelajaran: Pertanyaan-pertanyaan sesudah pembelajaran bertujuan untuk membantu peserta didik untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari dan mengidentifikasi apa yang masih perlu mereka pelajari.