Sebutkan 5 Negara Pendiri ASEAN

Negara Pendiri ASEAN

Negara Pendiri ASEAN (elordenmundial.com)

ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 oleh lima negara pendirinya, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Negara-negara ini bersatu untuk mempromosikan kerjasama regional dan stabilitas politik di Asia Tenggara, serta meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial di kawasan tersebut.

Sejak itu, jumlah anggota ASEAN telah bertambah hingga mencapai sepuluh negara saat ini, yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

ASEAN telah memainkan peran penting dalam mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di Asia Tenggara selama lebih dari lima puluh tahun sejak didirikan.

Selain mengadakan pertemuan antara para pemimpin negara anggota, ASEAN juga telah membentuk berbagai badan dan inisiatif untuk memfasilitasi kerjasama dan integrasi regional di berbagai bidang, seperti ekonomi, pendidikan, keamanan, dan lingkungan.

ASEAN juga telah berperan aktif dalam menjalin hubungan dengan negara-negara lain di Asia dan dunia, serta memperkuat kerjasama regional melalui berbagai forum dan kemitraan.

Meskipun menghadapi berbagai tantangan dan perbedaan, ASEAN tetap berkomitmen untuk memperkuat solidaritas dan kerjasama di antara anggota-anggotanya, serta mempromosikan perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara dan dunia secara lebih luas.