Hal pertama yang harus disiapkan oleh seorang penulis karya ilmiah yaitu?

Hal pertama yang harus disiapkan oleh seorang penulis karya ilmiah

Hal pertama yang harus disiapkan oleh seorang penulis karya ilmiah (pexels.com/Karolina Grabowska)

Hal pertama yang harus disiapkan oleh seorang penulis karya ilmiah yaitu menentukan topik atau gagasan pokok yang akan diangkat menjadi sebuah karya tulis.

Ketika topik sudah ditentukan, maka penulis dapat mengembangkannya dan membuat outline yang berisi judul, daftar isi, BAB, rumusan masalah, pembahasan, hingga kesimpulan.

Maka, topik atau gagasan pokok adalah hal pertama yang harus disiapkan oleh penulis karya tulis ilmiah.

Baca juga: Berikut ini yang tidak termasuk sifat-sifat karya tulis ilmiah yaitu?

Karya ilmiah merupakan suatu bentuk penulisan yang memuat informasi berdasarkan hasil penelitian dan disusun dengan bahasa formal serta akademik.

Bahasa karya ilmiah harus memenuhi kriteria kebahasaan yang tepat, seperti kesesuaian antara gaya penulisan dengan konteksnya, kesesuaian antara kata-kata yang digunakan dengan tema atau topik yang dibahas, serta penggunaan kata-kata yang tepat dan jelas.

Untuk membuat karya ilmiah yang baik, diperlukan kemampuan dalam merumuskan masalah, merancang dan melaksanakan penelitian, menganalisis data, serta menyajikan hasil penelitian secara sistematis dan jelas.

Baca juga: 10 Kaidah Kebahasaan Karya Ilmiah yang Baik dan Benar

Selain itu, seorang penulis karya ilmiah juga harus memiliki kemampuan dalam mengolah dan memilah informasi dari berbagai sumber, serta mampu mengutip sumber yang digunakan dengan benar.