Bagaimana perbedaan karakteristik dan plot pada hikayat dengan cerpen?

perbedaan karakteristik dan plot pada hikayat dengan cerpen

Perbedaan karakteristik dan plot pada hikayat dengan cerpen (Pexels.com/Julie Sparks)

Bagaimana perbedaan karakteristik dan plot pada hikayat dengan cerpen?

Pengertian Hikayat

Hikayat adalah salah satu bentuk sastra tradisional Indonesia yang berisi cerita atau narasi panjang yang mengandung nilai-nilai moral, petuah, atau pesan-pesan tertentu.

Hikayat sering kali berhubungan dengan sejarah, legenda, atau mitologi dan mengisahkan perjalanan atau kisah tokoh-tokoh pahlawan, raja, atau makhluk mitologi dalam suasana zaman dahulu.

Hikayat biasanya dituturkan secara lisan sebelum akhirnya ditulis dalam bentuk naskah. Beberapa contoh hikayat terkenal di Indonesia antara lain "Hikayat Hang Tuah" dan "Hikayat Amir Hamzah".

Pengertian Cerpen

Cerpen, singkatan dari cerita pendek, adalah bentuk sastra yang mengisahkan suatu peristiwa atau kejadian dalam lingkup yang terbatas dengan karakter dan plot yang singkat.

Cerpen umumnya memiliki satu tema sentral dan biasanya berfokus pada pengembangan karakter atau menjelaskan situasi tertentu.

Cerpen memiliki panjang yang relatif pendek dan sering kali memiliki struktur yang padat, dengan pengenalan, konflik, klimaks, dan penyelesaian yang terkonsentrasi dalam jangka waktu yang singkat.

Perbedaan plot pada hikayat dengan cerpen:

Hikayat biasanya menggunakan alur maju yang menceritakan kisah kehidupan seseorang dalam menghadapi berbagai rintangan dalam kehidupannya.

Sementara cerpen biasanya menggunakan alur maju, alur mundur, dan alur campuran sehingga lebih fleksibel.

Perbedaan karakteristik dan cerpen:

1. Hikayat adalah jenis karya sastra lama, sedangkan cerpen adalah jenis karya sastra modern.

2. Hikayat menceritakan perjuangan, kelebihan, serta mukjizat tokohnya. Sedangkan cerpen ceritanya bebas.

3. Hikayat memiliki banyak tokoh yang saling berkaitan, sedangkan cerpen hanya ada satu tokoh yang dominan.

4. Hikayat selalu memberi amanat yang bisa diambil pembacanya. Sementara cerpen tidak harus memuat amanat di dalam ceritanya.

5. Hikayat memiliki cerita yang lebih panjang dan kompleks. Sedangkan cerpen hanya memuat cerita dari karakter utama saja.

6. Hiakayat seringkali menampilkan cerita-cerita yang terjadi pada masa lalu, sementara cerpen lebih sering menampilkan cerita-cerita modern.

7. Hikayat memiliki lebih banyak sub cerita bila dibandingkan dengan cerpen.

8. Hikayat memiliki alur cerita yang lambat, sedangkan cerpen memiliki alur cerita yang cepat dalam menuju konflik.

9. Hikayat mengambil sumber inspirasi dari sejarah atau mitos, sedangkan cerpen cenderung mengambil sumber inspirasi dari kehidupan nyata.

10. Hikayat umumnya dikarang dan disebarkan kepada tokoh atau masyarakat tertentu. Sementara cerpen pengarangnya individu dan sifatnya publikasi.