Universitas Jember dan PT Varia Usaha Beton Jalin Kerjasama untuk Pengembangan dan Inovasi Produk

Kerjasama Universitas Jember dan PT Varia Usaha Beton

Kerjasama Universitas Jember dan PT Varia Usaha Beton (Unej.ac.id)

Universitas Jember menjalin kerjasama dengan PT. Varia Usaha Beton dan telah menandatangani sebuah naskah kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) antara Rektor Universitas Jember dengan Direktur Utama PT. Varia Usaha Beton di lantai 2 Gedung Rektorat dr. R. Achmad kampus Tegalboto (20/3/2023).

Jalinan kerja sama ini langsung ditindakjuti dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Fakultas Teknik (FT) dengan PT. Varia Usaha Beton.

Dalam sambutannya, Dirut PT. Varia Usaha Beton, Wahyu Nugroho, menyambut baik kerjasama yang dibangun antara dunia pendidikan dengan dunia industri.

Baca juga: Dosen Fakultas Ilmu Budaya Unej Suka Cosplay Ketika Mengajar, Ternyata Ini Alasannya

Sebab menurutnya dunia industri memerlukan masukan dari hasil riset yang dilakukan oleh perguruan tinggi untuk pengembangan produk dan peningkatan pelayanan.

Oleh karena itu kerja sama yang dijalin dengan Fakultas Teknik diharap mampu berkembang dan menjalin kerjasama dengan fakultas-fakultas lainnya.

Selain itu, bagi sebuah industri ketika dapat menggandeng perguruan tinggi, maka menandakan bahwa industri tersebut selalu mengutamakan pengembangan dan inovasi produk.

“Kerja sama dengan perguruan tinggi juga memiliki arti strategis bagi PT. Varia Usaha Beton, pasalnya kami akan mendirikan cabang di daerah yang dekat dengan proyek yang sedang kami kerjakan. Untuk diketahui PT. Varia Usaha Beton turut serta dalam pengerjaan jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi. Dengan adanya perjanjian kerja sama dengan Universitas Jember, maka proses pengawasan kualitas produk beton beserta solusi jika ada kendala bisa melibatkan kalangan akademisi Universitas Jember,” ungkap Wahyu Nugroho.

Baca juga: Kemendikbudristek Beri Apresiasi Kepada Guru di Australia Barat yang Ajarkan Bahasa Indonesia

Semangat bekerja sama juga ditunjukkan oleh Universitas Jember melalui Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik.

Sebelum penandatanganan MoU, digelar kuliah umum mengenai teknologi dan bisnis beton dan di kampus Fakultas Teknik yang menghadirkan Direktur Utama PT. Varia Usaha Beton.

Selain itu terbuka kerja sama khususnya dengan program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung FT untuk mendirikan Teaching Factory beton pre-cast di lokasi Kampus Jubung.

Sementara itu dalam sambutannya, Rektor Universitas Jember menyambut hangat setiap usaha kerja sama yang saling menguntungkan.

Apalagi di era Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) maka link and match antara dunia pendidikan dan dunia industri menjadi keharusan.

Beberapa jalinan kerja sama yang bisa dimulai diantaranya praktisi mengajar, magang, penelitian bersama dan lainnya.

“Jika di tahap awal kerja sama dimulai dengan Program Studi Teknik Sipil maka nantinya akan diteruskan dengan program studi lainnya di FT. Mengingat bidang kerja PT. Varia Usaha Beton juga melingkupi bidang keteknikan lainnya, bahkan saya harapkan akan diikuti dengan kerja sama dengan fakultas lainnya,” tutur Iwan Taruna.

Sumber: unej.ac.id