Resmi Dibuka, Magang dan Studi Independen Bersertifikat Batch 4 di SEAMEO BIOTROP Tahun 2023

Magang dan Studi Independen Bersertifikat Batch 4 di SEAMEO BIOTROP

Magang dan Studi Independen Bersertifikat Batch 4 di SEAMEO BIOTROP (Kemdikbud.go.id)

Mengawali kegiatan Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 4, SEAMEO BIOTROP menggelar kegiatan Onboarding MSIB Batch 4 pada Rabu, 1 Maret 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh 61 Mahasiswa peserta kegiatan MSIB dari berbagai Universitas di seluruh Indonesia, para mentor dan pengajar dari SEAMEO BIOTROP, serta perwakilan dari Universitas peserta magang.

{inAds}

Direktur SEAMEO BIOTROP, Zulhamsyah Imran berharap Mahasiswa dapat menjadikan program ini sebagai wadah untuk mengembangkan wawasan dan pengetahuan sebagai bekal bagi Mahasiswa.

Baca juga: Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade Geografi Internasional ke-19 Tahun 2023

“Silahkan gunakan kesempatan magang ini untuk belajar soft skills dan hard skills sebagai mahasiswa calon pemimpin bangsa,” ujarnya di Ruang Jati, SEAMEO BIOTROP, pada Rabu, 1 Maret 2023, dikutip dari laman Kemdikbud.go.id.

Pelaksana tugas Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Plt. Dir. Belmawa), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti Ristek), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Sri Gunani Partiwi, turut menyampaikan pentingnya manfaat program MSIB bagi Mahasiswa.

Baca juga: Pemerintah RI Komitmen Fasilitasi Pendidikan Jarak Jauh Bagi Pekerja Magang di Jepang

Program MSIB akan membuat Mahasiswa mendapatkan bekal ketrampilan, kompetensi, dan soft skills yang terbaik sebagai persiapan untuk menghadapi tantangan di masa depan.

“Program ini juga berfungsi sebagai sebuah wadah bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus melalui bimbingan oleh para mentor yang profesional di bidangnya,” ujarnya melalui daring.

{inAds}

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan oleh Dewi Suryani, selaku koordinator program MSIB. Dalam kesempatan itu, Dewi Suryani menyampaikan gambaran umum program unggulan SEAMEO BIOTROP serta rangkaian kegiatan, silabus, dan linimasa dari program MSIB yang akan dilaksanakan.

Baca juga: Kabar Baik, Delapan Universitas Terbaik di Australia Bergabung dalam Program IISMA

Program dilanjutkan dengan tur kampus, Mahasiswa diajak berkeliling dan berkenalan dengan para mentor di kampus BIOTROP, tempat para Mahasiswa akan melaksanakan program magang selama empat bulan ke depan.

Dalam program ini, SEAMEO BIOTROP mengusung tema Manajemen Biodiversitas Tropis dengan empat topik, yaitu:

1. Manajemen Risiko Biodiversitas Tropis
2. Pengelolaan Laboratorium Kualitas Lingkungan
3. Pertanian Perkotaan Berkelanjutan
4. Pengelolaan dan Pemanfaatan Lahan Sub-optimal di Wilayah Tropis.

Tujuan program magang bersertifikat Kampus Merdeka Batch 4 SEAMEO BIOTROP untuk memberi pengalaman praktis secara langsung kepada Mahasiswa dalam bidang studi yang dipilih.

{inAds}

Selain itu, program ini juga dirancang untuk memberikan kesempatan kepada Mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang telah mereka dapatkan ke situasi dunia nyata.

Baca juga: Kemendikbudristek Rangkul Dharma Wanita Persatuan untuk Optimalkan Gerakan Literasi Nasional

Kemudian, kegiatan magang ini akan disetarakan dengan 20 sistem kredit semester (SKS) mata kuliah di kampus, sehingga Mahasiswa dapat memperoleh kredit akademik yang diakui di kampus mereka.

Sekira 2.267 Mahasiswa dari Universitas di seluruh Indonesia mendaftar untuk program ini. Namun, hanya 61 Mahasiswa yang lolos seleksi melalui pemeriksaan administratif, Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Potensi Akademik, dan wawancara.

Sumber: Kemdikbud.go.id