Rakor Setkab UKS/M Kabupaten Lumajang Tingkatkan Sekolah/Madrasah Sehat

Rakor Setkab Lumajang

Rakor Setkab Lumajang (portalberita.lumajangkab.go.id)

Keberhasilan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah /Madrasah (UKS/M), terlihat dan tercermin pada perilaku hidup bersih dan sehat serta derajat kesehatan peserta didik.

Hal ini merupakan dampak dari pembinaan dan pelaksanaan program UKS/M di semua jenjang dan jenis pendidikan mulai TK/RA, SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA.

Sekretaris Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Lumajang, drg. Saptadewi Erfi Herawati menjelaskan bahwa ternyata, berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh Tim Pembina UKS/M Tingkat Pusat, masih cukup banyak sekolah yang belum melaksanakan UKS/M secara baik dan benar.

“Di Kabupaten Lumajang, berdasarkan evaluasi kegiatan UKS/m  yang dilaksanakan oleh Dinkes P2KB menunjukkan hasil yang cukup mengkhawatirkan. Ditemukan anemia pada remaja, kurang aktivitas, peningkatan resiko Penyskit Tidak Menular (PTM),”, jelasnya saat membuka kegiatan rapat koordinasi Sekretariat Tetap UKS/M  pada Kamis (02/03/2023) di ruang Pertemuan Terbatas Dinkes P2KB.

drg. Erfi mengatakan bahwa salah satu upaya untuk menurunkan angka anemia pada remaja putri adalah program pemberian tablet tambah darah di sekolah dan Gerakan Aksi Bergizi.

Dia menambahkan bahwa perlu adanya terobosan untuk mempercepat pencapaian tujuan UKS/M dengan menggali, memanfaatkan, dan memaksimalkan semua potensi sumber daya yang ada.

“Dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak dalam melaksanakan kedua program tersebut. Salah satunya adalah dukungan dari Sektap UKS/M kabupaten, Sektap UKS Kecamatan, Tim Pembina UKS di tingkat sekolah dan OPD terkait”, lanjut dia.

Dia juga menyampaikan harapannya agar komitmen dan sinergitas antara Tim Pembina UKS/M Kabupaten dalam mewujudkan Sekolah dan Madrasah Sehat dapat diperoleh.

“Komitmen kita bersama ini saya harapkan dapat segera mengatasi permasalahan tersebut karena merupakan hal yang mutlak”, tutupnya.

Sebagai tambahan informasi, kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Kementrian Agama Kabupaten Lumajang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Lumajang, Dinas Kesehatan P2KB, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bappeda, Bagian Kesejahteraan Rakyat, Bagian Organisasi, UPT Cabang Dinas Penddidikan Kabupaten Lumajang, PMI, TP-PKK Kabupaten Lumajang, dan Dewan pendidikan.

Sumber: portalberita.lumajangkab.go.id