Pengumuman PPPK Guru 2022 Belum Ada Kepastian, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

pengumuman pppk guru 2022


Sampai hari ini, Selasa, 28 Februari 2023, pengumuman PPPK Guru 2022 masih belum ada kepastian yang membuat para guru prioritas satu (P1) harap-harap cemas.

Ditundanya pengumuman PPPK 2022 ini tertulis pada laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id/ yang isinya: “Pengumuman Hasil Seleksi ditunda sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut.”

{inAds}

Belum jelas apa kendala yang menyebabkan tertundanya pengumuman PPPK Guru 2022.

Baca juga: Forum Guru Lulus Passing Grade Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Tuntut Kepastian Pengumuman PPPK 2022

Forum Guru Lulus Passing Grade Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (GLPGPPPK) bahkan telah melakukan aksi pada 27 Februari 2023 karena pesimis pengumuman PPPK guru 2022 dilakukan pada bulan ini.

Menurut jadwal, pengumuman PPPK 2022 harusnya diumumkan pada tanggal 2-3 Februari 2023. Namun, hingga hari ini pengumuman tersebut terus ditunda tanpa kepastian.

Mereka menuntut kejelasan hasil PPPK 2022 yang ditunda tanpa kepastian. Setidaknya memberi informasi tambahan kapan jadwal pengumumannya.

Dikutip dari laman Tribun Mataram, Plt. Dirjen GTK Kemendikbud, Nunuk Suryani menjelaskan alasan Kemendikbud menunda hasil pengumuman seleksi PPPK Guru 2022.

Baca juga: Apa itu Dana BOP PAUD dan Dana BOP Kesetaraan? ini Penjelasan dan Satuan Biayanya

Nunuk menuturkan jika penundaan tersebut dilakukan agar bisa memberikan kesempatan kepada para guru, khususnya yang berstatus non ASN untuk menjadi PPPK tahun 2023.

{inAds}

Kemendikbud ingin formasi kuota seleksi PPPK Guru tahun anggaran 2022 mendapatkan hasil maksimal.

Nunuk juga menjelaskan jika Kemendikbud akan mengumumkan hasil seleksi pada akhir Februari, antara minggu ketiga dan minggu keempat.

Meski sampai tanggal 28 Februari, belum ada kepastian yang tertulis pada laman resmi https://gurupppk.kemdikbud.go.id/.

Selain itu, guru-guru yang sudah usianya mendekati pensiun juga cukup cemas karena mereka ingin memiliki SK PPPK sebelum pensiun.