Konferensi Internasional ANPS Dorong Peningkatan Kompetensi Guru Untuk Memajukan Pendidikan Indonesia

Konferensi Internasional ANPS 2023

Konferensi Internasional ANPS 2023 (anps.id)

ANPS (Association of National & Private Schools) Indonesia menyelenggarakan Konferensi Internasional yang ke-14 dengan mengusung tajuk “Menyongsong Pendidikan Masa Depan: Mari Bangkit Beraksi!”

Konferensi internasional ini berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 25-26 Februari 2023 di Le Meridien Hotel Jakarta.

Hadir beberapa pembicara dan peserta dari beberapa negara, seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Finlandia, Amerika Serikat, Australia, Inggris, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Apa Saja Syarat CPNS 2023? Simak Informasi Lengkapnya di Sini

{inAds}

Menanggapi tingginya antusias para pendidik dalam konferensi ini, Chief of Partnership ANPS, Reynold Hutabarat turut memberi apresiasi dan sedikit terkejut.

“Kami merasa sangat terkejut ketika melihat begitu positif dan antusiasnya para pendidik terhadap Konferensi ini”, ujar Reynold, dikutip dari laman Harian Terbit.

Dengan adanya konferensi internasional ini, diharapkan para pendidik dapat saling bertukar pengalaman serta ide dengan pendidik profesional dari negara lain untuk mengembangkan pendidikan.

Ketika kemampuan serta pengalaman guru bertambah, maka itu akan berdampak positif bagi kecerdasan siswa yang merupakan generasi penerus bangsa.

ANPS sebagai salah satu asosiasi yang peduli terhadap pendidikan Indonesia mendorong setiap pendidik untuk terus menjadi pembelajar yang baik.

{inAds}

Ketua ANPS, Hendro Widjaya menuturkan jika visi dari asosiasi ini adalah sebagai agen perubahan pendidikan nasional.

Baca juga: 10 Rahasia Pendidikan Finlandia Mencetak Siswa Berprestasi

"Visi ANPS adalah menjadi agen perubahan terdepan dengan mengedepankan keunggulan dalam pengajaran dan pembelajaran sekolah di Indonesia," kata Hendro Widjaya, Sabtu, 25 Februari 2023, yang dikutip dari laman Kompas.

Sementara, Chief of Technology Office ANPS, Rollando Madjid mengharapkan pendidikan harus dapat mengimbangi teknologi yang terus berkembang dengan cepat.

Rollando Madjid mencontohkan fenomena Chat GPT yang menjadi salah satu produk teknologi dengan perkembangan yang cukup pesat.

“Perkembangan teknologi sangatlah cepat dan kita harus dapat mengimbanginya di dalam dunia Pendidikan. Sekarang ini kita sedang dihebohkan dengan munculnya Chat GPT. Chat GPT merupakan salah satu contoh teknologi kecerdasan buatan yang berkembang pesat," ucap Rollando.

Selain itu, bertepatan dengan digelarnya konferensi ini, ANPS juga meresmikan kemitraan dengan NAPEI (National Association of Private Educational Institutions) dari Malaysia.

Secara garis besar, harapan diselenggarakannya konferensi ini adalah agar dunia pendidikan semakin maju serta mengajak semua pendidik untuk bersiap menghadapi tantangan di masa depan.