Apa yang dimaksud generasi digital native?

generasi digital native
Source: Pixabay

Apa yang dimaksud generasi digital native?

Jawaban:

Maksud dari generasi digital native adalah generasi yang lahir dan tumbuh dewasa di era digital. Sehingga mereka sangat fasih dalam menggunakan teknologi.

Generasi ini biasanya mencakup individu yang lahir pada akhir 1990-an hingga awal 2010-an.

Karakteristik utama dari generasi digital native adalah aksesibilitas dan pemahaman yang mendalam terhadap teknologi digital.

Mereka tumbuh dengan kemudahan akses informasi dan komunikasi melalui internet, dan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengoperasikan perangkat digital serta menggunakan berbagai aplikasi dan platform online.

Generasi digital native cenderung disematkan kepada orang lahir dan tumbuh menggunakan internet serta gawai, seperti laptop maupun ponsel.

Baca juga: Ki Hajar Dewantara Mendefinisikan Pendidikan Sebagai Tuntunan Artinya

Umumnya generasi milenial disebut sebagai generasi digital native pertama yang kemudian diikuti oleh generasi selanjutnya.

Tapi tidak semua generasi milenial dapat disebut sebagai generasi digital native, ketika mereka tidak tumbuh dan berinteraksi langsung dengan internet dan gawai.

Istilah digital native pertama kali dipopulerkan oleh Marc Prensky pada tahun 2001 melalui artikelnya yang bertajuk “Digital Natives, Digital Immigrants”.

Pada artikel tersebut, Marc Prensky mengkritisi pendidikan Amerika yang dianggap kurang mampu memahami siswa modern.

Generasi digital native cenderung memiliki tingkat keterampilan teknologi yang tinggi, seperti kemampuan berinternet, mencari informasi secara online, berkomunikasi melalui media sosial, dan menghasilkan konten digital.

Mereka juga terbiasa dengan kecepatan dan kemudahan dalam mendapatkan informasi, berbagi pengalaman, dan berinteraksi dengan dunia virtual.

Pengaruh teknologi digital juga membentuk cara berpikir dan belajar generasi ini.

Mereka lebih terbiasa dengan gaya belajar yang interaktif, visual, dan berbasis pada media.

Mereka cenderung lebih terbuka terhadap inovasi teknologi dan memiliki kemampuan adaptasi yang cepat terhadap perubahan dalam lingkungan digital.

Namun, generasi digital native juga menghadapi tantangan dan dampak negatif dari ketergantungan pada teknologi.

Mereka dapat mengalami gangguan perhatian, isolasi sosial, atau kecanduan digital karena penggunaan yang berlebihan.

Selain itu, tantangan dalam memfilter dan mengevaluasi informasi yang diperoleh dari internet juga perlu diperhatikan.