Header Ads Widget

10 Pengertian Kuesioner Menurut Para Ahli

pengertian kuesioner

Pengertian Kuesioner Menurut Para Ahli

1. Nazir

Kuesioner atau daftar pertanyaan adalah sebuat set pertanyaan yang secara logis berhubungan dengan masalah penelitian, dan tiap pertanyaan merupakan jawaban-jawaban yang mempunyai makna dalam menguji hipotesis. Daftar pertanyaan tersebut dibuat cukup terperinci dan lengkap.

2. Suharsimi Arikunto

Kuesioner/angket adalah daftar pertanyaan yang diberikan kepada orang lain yang bersedia memberikan respon sesuai dengan permintaan pengguna.

3. Sugiyono (2005:162)

Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan secara tertulis kepada responden untuk dijawabnya.

4. Dewa Ktut Sukardi (1983)

Mendefinisikan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan pada metode penelitian dengan tidak perlu mendatangkan atau memerlukan kedatangan langsung dari sumber data.

5. Gault RH

Arti kuesioner adalah seperangkat pernyataan atau pertanyaan yang ditujukan kepada responden.

6. Bimo Walgito (1987)

Definisi kuesioner adalah kumpulan pertanyaan dalam sebuah penelitian yang diwajibkan untuk dijawab oleh target atau responden penelitian.

7. Kusumah (2011:78)

Angket atau kuesioner merupakan sekumpulan pertanyaan tertulis yang ditujukan kepada subjek penelitian untuk dikumpulkannya berbagai informasi yang dibutuhkan dalam penelitian.

8. Azwar (2009:101)

Menurutnya, kuesioner adalah bentuk instrumen pengumpulan data yang relatif mudah digunakan dan fleksibel.

9. Komalasari

Angket atau yang dikenal pula dengan sebuah kuisioner merupakan alat yang secara garis besar terdiri dari tiga bagian yaitu: judul angket, pengantar yang berisi tujuan, atau petunjuk pengisian angket,dan item-item pertanyaan yang berisi opini atau pendapat dan fakta.

10. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kuesioner adalah sebuah alat survei atau riset yang terdiri atas sekumpulan pertanyaan tertulis yang bertujuan untuk mendapatkan respon dari dari kelompok yang dipilih melalui wawancara pribadi atau melalui pos.