Header Ads Widget

10 Pengertian Website Menurut Para Ahli

pengertian website

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Website atau Situs web adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.

Hidup di era digital seperti saat ini, kita sangat dekat dengan teknologi dan internet, khususnya website serta media sosial. Segudang informasi bisa kita akses dengan mudah via smartphone. Namun, tentu saja website tak selalu berisi hal yang positif. Maka kita harus bijak menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Lantas, apa pengertian website menurut para ahli? Berikut penjelasannya.

1. Gregorius (2000:30)

Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan file-filenya saling terkait. Web terdiri dari page atau halaman, dan kumpulan halaman yang dinamakan homepage. Homepage berada pada posisi teratas, dengan halaman-halaman terkait berada di bawahnya. Biasanya setiap halaman di bawah homepage disebut child page, yang berisi hyperlink ke halaman lain dalam web.

2. Menurut Hakim Lukmanul (2004)

Website merupakan fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen pada website disebut dengan web page dan link dalam website memungkinkan pengguna bisa berpindah dari satu page ke page lain (hyper text), baik diantara page yang disimpan dalam server yang sama maupun server diseluruh dunia. Pages diakses dan dibaca melalui browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Mozila Firefox, Google Chrome dan aplikasi browser lainnya.

3. Menurut Suwanto Raharjo (2000)

Website adalah salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan dibanding dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email.

4. Menurut Yuhefizar (1998)

Website adalah suatu metode untuk menampilan informasi di internet, baik berupa teks, gambar, suaramaupun video yang interaktif dan mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui sebuah browser.

5. Menurut Taufiq Hidayatullah (2002)

Website adalah bagian paling terlihat sebagai jaringan terbesar dunia, yakni internet.

6. Menurut Haer Talib (1992)

Website adalah sebuah tempat di internet yang mempunyai nama dan alamat

7. Menurut Ali Zaki & SMITDEV Community

Website merupakan beberapa kumpulan dari halaman web yang terdapat pada satu domain, yang terdiri dari 2 atau lebih halaman web.

8. Menurut Boone Thomson

Website merupakan kumpulan grafis yang kaya sumber daya yang saling berhubungan satu sama lain di Internet yang lebih besar.

9. Menurut Feri Indayudha

Website merupakan sebuah program yang dapat memuat film, gambar, suara & musik yang ditampilkan di internet.

10. Menurut Jasmadi

Website merupakan kumpulan halaman-halaman web beserta file-file pendukungnya, seperti gambar, video, dan file digital lainnya yang diletakkan di host atau web server yang umumnya diakses melalui internet.

Posting Komentar

0 Komentar