Header Ads Widget

Pengertian Mind Mapping Menurut Para Ahli

mind mapping

Pengertian Mind Mapping

Pengertian mind mapping (pemetaan pikiran) adalah sebuah metode visualisasi pengetahuan secara grafis untuk mengoptimalkan eksplorasi seluruh area kemampuan otak. Mind mapping diperkenalkan oleh Tony Buzan untuk mengatasi kesulitan menghapal pada anak secara perlahan. Mind mapping ini membuat apa yang dipelajari menjadi lebih menarik.

Baca juga : Mengenal Teknik Snowball Sampling dalam Sebuah Penelitian

Pengertian Mind Mapping Menurut Para Ahli

1. Tony Buzan (2010:4)

Dalam Buku Pintar Mind Map, Tony Buzan (2010:4) menyatakan bahwa, “Mind mapping adalah cara menumbuhkan kegiatan ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut dengan menumbuhkan cara berpikir dari satu pusat menjadi menyeluruh dan berakar.” Buzan menilai mind mapping dapat memecahkan masalah dengan efektif dan dapat membantu kita banyak hal seperti merencanakan masalah, merumuskan perhatian, menyusun dan menjelaskan pikiran-pikiran, mengingat dengan baik, belajar lebih cepat dan efisien.

2. Saleh Andri (2008:68)

Menyatakan bahwa Mind Map adalah diagram yang digunakan untuk menggambarkan sebuah tema, ide, atau gagasan utama dalam materi pembelajaran. Tema, ide, atau gagasan utama ditempatkan di tengah-tengah diagram. Masing-masing tema, ide, atau gagasan utama tersebut membentuk jaringan yang sangat luas. Jaringan-jaringan dibuat saling berkaitan satu dengan lainnya.

3. Jensen dan Makowitz (2002: 64)

Mengemukakan pendapat bahwa mind mapping merupakan cara memvisualisasi verbal ke dalam visual atau gambar yang mana dapat mempermudah menyimpan, memperkuat, serta mengingat kembali suatu informasi yang telah dipelajari.

4. Caroline Edward (2009; 64)

Menjelaskan Mind Mapping adalah metode yang sangat efektif serta efisien untuk menyimpan dan mengeluarkan kembali data atau informasi dari atau ke otak. Sistem ini bekerja sesuai cara kerja alami otak manusia, sehingga potensi dan kapasitas otak pada manusia dapat optimal.

5. Zampetakis dan Tsironis (2007: 35)

Mengemukakan bila mind mapping yakni cara yang bisa membuat tugas yang membosankan menjadi menyenangkan serta menarik, sehingga bisa mengoptimalkan konsentrasi dan daya ingat. Dengan mind mapping maka kemampuan keativitas dan mengingat siswa menjadi meningkat.

6. Bobbi De Porter, Mike Hernacki (2003: 153)

Menjelaskan bahwa Mind Mapping (Peta Pikiran) adalah cara mempermudah memasukkan informasi ke dalam otak, dengan memanfaatkan keseluruhan otak melalui cirta visual dan grafis lainnya untuk membentuk kesan dan melibatkan otak kanan dan kiri.

7. Bagus Taruno Legowo, (2009: 5)

Mengungkapkan Mind Map yakni cara alternatif kegiatan berfikir menyeluruh pada otak terhadap pemikiran linear. Mind map meraih ke berbagai arah serta merangkai berbagai pikiran dari segala sisi. Mind map merupakan cara yang mudah untuk meletakkan informasi ke otak maupun mengambil infromasi ke luar otak.

8. Susanto Windura (2008:16)

Menjelaskan secara sederhana bahwa Mind map yakni suatu teknik grafis yang memungkinkan seseorang untuk mengeksplorasi seluruh kemampuan otak untuk keperluan berpikir dan belajar.