Header Ads Widget

Pilihan Asuransi Perjalanan Terbaik Bagi Nasabah



Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi ketika mendengar berbagai asuransi yang hadir seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan dan lain – lain. Namun, tahukah Anda bahwa saat ini ternyata ada yang namanya asuransi perjalanan yang disediakan oleh pihak perusahaan asuransi tertentu. Bagi Anda yang mungkin baru mendengar asuransi ini dan ingin tahu lebih detailnya, sebaiknya menyimak informasi secara lengkap di bawah ini.

Pengertian asuransi perjalanan

Jika Anda berpikir asuransi perjalanan sama seperti asuransi kecelakaan, maka jawabannya salah. Hal ini dikarenakan, asuransi perjalanan sendiri umumnya merupakan suatu jaminan perlindungan yang diberikan oleh pihak perusahaan asuransi terhadap segala risiko yang mungkin terjadi pada saat nasabah sedang melakukan perjalanan. Baik itu perjalanan di dalam negeri maupun perjalanan di luar negeri sekalipun.

Asuransi perjalan didesain untuk memberikan perlindungan bagi mereka yang akan bepergian baik di dalam maupun luar negeri. Dengan adanya jaminan perlindungan ini, maka dampak finansial dari risiko kerugian yang mungkin saja terjadi sewaktu – waktu dapat diminimalkan dengan baik.
Apa saja jenis – jenis asuransi perjalanan?

Sama halnya dengan Asuransi Kesehatan Terbaik 2022, asuransi perjalanan ini juga memiliki beberapa jenis yang bisa dipilih oleh nasabah. Adapun jenis – jenis dari asuransi perjalanan ini biasanya didasarkan pada beberapa hal seperti berikut ini :

● Berdasarkan tujuan perjalanan

Asuransi yang didasarkan pada tujuan perjalanan diberikan menjadi dua yakni untuk tujuan liburan dan tujuan pekerjaan. Adapun perbedaan dari kedua jenis asuransi tersebut yakni terletak pada jumlah premi yang dibayarkan oleh nasabah. Dimana, untuk tujuan pekerjaan biasanya memiliki jumlah premi yang lebih besar karena memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan untuk tujuan liburan.

● Berdasarkan tempat perjalanan

Di sini, asuransi berdasarkan tempat perjalanan yang mencakup jalur darat, laut maupun udara dibedakan menjadi 2 yakni asuransi dalam negeri / domestik dan asuransi luar negeri. Jika melihat dari jumlah preminya sendiri, kedua asuransi tersebut cukup berbeda. Dimana, untuk asuransi luar negeri dengan tujuan negara tertentu memiliki premi yang lebih besar.

● Berdasarkan jumlah tertanggung

Untuk asuransi berdasarkan jumlah tertanggung ini dibedakan menjadi asuransi perjalanan individu dan asuransi kelompok. Adapun untuk premi yang dikenakan untuk asuransi kelompok dikatakan lebih murah dan hemat jika dibandingkan asuransi individu. Sebab, jika semakin banyak individu yang ditanggung, maka jumlah premi yang dibayarkan semakin kecil.

● Berdasarkan jangka waktu perjalanan

Di sini, asuransi berdasarkan waktu perjalanan dibedakan menjadi dua yakni asuransi satu kali perjalanan dan asuransi semua perjalanan dalam jangka waktu tertentu. Jika Anda termasuk orang yang sering bepergian dalam waktu satu tahun, lebih baik memilih asuransi perjalanan tahunan. Sementara jika jarang melakukan perjalanan, bisa memilih asuransi satu kali periode.
Apa saja manfaat memiliki asuransi perjalanan?

Anda tentu masih bingung mengenai apakah memiliki asuransi perjalanan penting dilakukan, bukan? Agar bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda nantinya, ada baiknya menyimak beragam manfaat yang diberikan dari asuransi perjalanan berikut ini :

  • Memperoleh ganti rugi dari pihak asuransi atas kerusakan atau kehilangan barang bagasi.
  • Mendapatkan biaya ganti rugi atas keterlambatan maupun pembatalan perjalanan yang terjadi sewaktu - waktu.
  • Memperoleh biaya pengobatan ketika terjadi kecelakaan ketika dalam perjalanan.
  • Mendapatkan santunan biaya kecelakaan / kematian yang terjadi selama nasabah melakukan perjalanan tertentu.
  • Memberikan tanggungan atas kerugian finansial yang disebabkan oleh faktor lain seperti bencana alam, terorisme dan lain – lain.

Bagaimana tips memilih asuransi perjalanan yang tepat?

Jika Anda tertarik untuk membeli produk asuransi perjalanan yang satu ini, sebaiknya memahami beberapa tips berikut ini :
  • Kenali lebih dulu proteksi dan manfaat asuransi perjalanan yang akan dibeli.
  • Pastikan Anda telah menyesuaikan jangka waktu perlindungan dengan lama perjalanan yang dilakukan.
  • Baca dan pahami dengan teliti setiap produk asuransi yang akan dibeli.
  • Pahami setiap pengecualian dari asuransi perjalanan yang dipilih.
  • Pastikan membeli asuransi di pihak perusahaan asuransi yang terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Baca dan pahami secara detail polis asuransi perjalanan tersebut.
Demikianlah ulasan menarik mengenai asuransi perjalanan yang bisa digunakan untuk memberikan jaminan perlindungan ketika Anda sedang bepergian. Jika Anda ingin membeli asuransi yang satu ini, bisa langsung membeli di pihak asuransi terbaik seperti halnya di Lifepal.