Header Ads Widget

8 Buku yang Dilarang di Sekolah Amerika


Untuk meningkatkan budaya literasi dan minat baca, sistem pendidikan barat menerapkan kebiasaan membaca sebagai kurikulum sehingga tidak ditemukan perpustakaan yang sepi pengunjung. Mulai dari buku klasik sampai modern dijadikan rujukan atau bahan pembelajaran.

Namun, tak semua buku bisa masuk dalam perpustakaan. Pasalnya, ada beberapa buku yang dicekal tidak boleh beredar di beberapa sekolah Amerika Serikat karena berbagai alasan. Apa saja buku yang dilarang beredar tersebut? Berikut diantaranya.

1. To Kill A Mockingbird oleh Harper Lee


Chicagotribune.com

To Kill A Mockingbird yang ditulis oleh Harper Lee tidak hanya dicekal di beberapa sekolah, tapi juga untuk semua sekolah di Amerika Serikat. Hal tersebut dikarenakan novel ini dianggap mengandung unsur yang rasial serta kekerasan seksual. Padahal, sejatinya novel ini bercerita tentang masa-masa suram Amerika ketika konlfik isu ras memuncak.

2. The Adventures of Huckleberry Finn oleh Mark Twain


photo: amazon

Buku The Adventures of Huckleberry Finn termasuk sebagai buku langka yang terbit pada tahun 1884. Namun, buku karangan Mark Twain ini sempat menuai kontroversi dan akhirnya dicekal di beberapa sekolah Amerika Serikat. Menurut informasi yang dihimpun, buku ini dicekal karena ada unsur rasial dengan 200 kata negro di dalamnya.

3. Of Mice and Men oleh John Steinbeck


photo: manhattanrarebooks

Buku Of Mice and Men yang ditulis oleh John Steinbeck sempat dicekal di Sekolah Menengah Skyline di Scottsboro, Alabama pada tahun 1983 dan di George County, sekolah Mississippi pada tahun 2002. Alasannya karena buku ini dianggap mempromosikan euthanasia dan kental akan perbedaan ras.

4. Thirteen Reasons Why oleh Jay Asher


photo: popbuzz

Meskipun sudah diadopsi menjadi film dan masuk dalam jajaran film Netflix, nyatanya buku ini masih menuai kontroversi karena dianggap bisa memicu emosional anak untuk bunuh diri. Saking hebohnya, beberapa sekolah di Amerika sampai mengirimkan surat kepada wali murid. Bahkan, dikabarkan jika ada 2 anak berumur 15 tahun yang gantung diri usai melihat film ini.

5. The Catcher in the Rye oleh J.D. Salinger


photo: booksagainsthumanity

Sejak awal diterbitkan pada tahun 1951, buku The Catcher in the Rye yang ditulis oleh J.D Salinger terus menuai kontroversi dan mendapat penolakan. Buku ini dianggap cabul dengan menggunakan kata-kata tak senonoh dan cenderung berisi aktivitas negatif. Namun, meski dilarang, Billie Joe dan Gun n Roses mengaku dapat inspirasi menulis lagi dari buku ini.

6. The Color Purple oleh Alice Walker


photo: amazon

Buku The Color Purple juga pernah dilarang di Souderton, Pennsylvania, Area School District pada tahun 1992 dan dihapus dari perpustakaan sekolah di Fairfax County dan Newport News, Virginia. Alasannya karena buku ini mengandung unsur konflik ras dan kekerasan seksual. Namun, meski begitu, buku karya Alice Walker ini pernah digarap oleh Oprah Winfrey bersama sutradara Steven Spielberg.

7. Animal Farm oleh George Orwell


photo: medium

Buku Animal Farm karya George Orwell merupakan sebuah buku yang berisi tentang alegori politik Uni Soviet pada masa Perang Dunia II. Meski memiliki unsur sejarah di dalamnya, buku ini dilarang beredar di empat sekolah menengah Bay County di Bay County dan tiga sekolah menengah di Panama City, Florida.

8. Harry Potter oleh J.K Rowling


photo: kobo

Siapa sangka ternyata buku fenomenal ini pernah dicekal di beberapa sekolah Amerika Serikat, salah satunya adalah sekolah Katolik di Nashville, Tennessee, AS. Alasan dihapusnya buku ini dari perpustakaan karena dianggap banyak mengandung kutukan dan mantra yang bisa membangkitkan roh jahat bagi siapapun yang membaca.

Nah, itulah beberapa buku yang dilarang beredar di beberapa sekolah Amerika Serikat. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.id ya!