Header Ads Widget

Lulus Kuliah di Tengah Pandemi? Lakukan 5 Hal ini Untuk Mengejar Karirmu


Di musim pandemi ini, banyak perusahaan yang gulung tikar karena krisis global. Akibatnya, lowongan kerja semakin terbatas sehingga persaingan pun semakin ekstra ketat. Tentu saja hal ini menjadi sebuah mimpi buruk bagi fresh graduate.

Namun, jangan khawatir. Meskipun persaingan saat ini semakin ketat karena adanya pandemi COVID-19 atau corona, masih ada hal lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan karir ke depannya. Dikutip dari laman YoungOnTop, berikut adalah hal yang bisa kamu lakukan saat lulus di tengah musim pandemi.

1. Perluas Relasi Online

Relasi adalah salah satu penentu kesuksesan karirmu. Oleh karenanya, kamu harus mencari relasi sebanyak-banyaknya. Berhubung saat ini dunia sedang mengalami pandemi, maka kamu bisa memanfaatkan teknologi dan internet untuk alternatif mencari relasi. Gunakan gadgetmu untuk hal bermanfaat dengan gabung komunitas-komunitas yang berkaitan dengan passionmu.

2. Mengikuti Webminar

Webminar bukanlah hal baru di era teknologi saat ini. Ketika kamu tidak bisa ikut serta dalam seminar offline, maka kamu bisa mengikuti webminar secara online. Ada begitu banyak webminar yang bisa kamu ikuti. Ini adalah sebuah kesempatan emas untuk mencari relasi sekaligus menambah pengetahuan dalam bidang yang kamu tekuni.

3. Latihan Psikotes Online

Hampir semua perusahaan menerapkan uji psikotes untuk semua kandidat atau calon karyawan. Jika kamu masih tidak memiliki pengalaman, maka kamu bisa memanfaatkan internet sebagai latihan virtual. Ada banyak situs psikotes online gratis yang bisa kamu coba. Daripada kuota terbuang percuma, mending digunakan untuk hal yang bermanfaat.

4. Mengejar Beasiswa

Mengejar beasiswa juga bisa menjadi salah satu alternatif buat kamu yang baru lulus kuliah. Kamu bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ini juga menjadi alternatif terbaik di tengah pandemi. Ada banyak program beasiswa yang bisa kamu ikuti. Tapi hati-hati karena saat ini tidak sedikit beasiswa palsu yang bisa merugikanmu.

5. Menjadi Freelancer

Saat ini pemerintah sedang menerapkan aturan social distancing untuk segenap warganya. Dengan aturan ini, kamu diarahkan untuk bekerja dari rumah. Maka dari itu, kamu bisa memilih menjadi seorang freelancer sesuai dengan skil dan keahlianmu.