Header Ads Widget

Jangan Malas, Inilah 7 Manfaat Membaca Karya Sastra


Manfaat Membaca Karya Sastra

Meski membaca adalah sebuah aktivitas yang memiliki segudang manfaat, nyatanya tidak sedikit orang yang malas melakukannya dengan berbagai alasan. Salah satu alasan yang paling umum adalah mengatakan jika membaca itu merupakan sebuah hal membosankan. Terlebih lagi jika harus membaca karya sastra yang kebanyakan orang menyebutnya sebagai bacaan yang berat.

Fakta tersebut menjadikan karya sastra kurang begitu diminati, bila dibandingkan dengan buku bacaan lainnya. Padahal, sastra memiliki pengaruh yang besar dalam peradaban dunia karena terkandung histori serta kritik di dalamnya. Bahkan, tanpa adanya karya sastra, kita tidak akan pernah tahu bagaimana sejarah dan riwayat hidup orang terdahulu.

Apa manfaat membaca karya sastra bagi pelajar?

Maka dari itu, janganlah malas membaca, apalagi membaca karya sastra karena ada segudang manfaat yang akan kita dapatkan. Apa saja manfaat membaca karya sastra? Kali ini Sastrawacana.id telah merangkum beberapa manfaatnya, yuk disimak!

1. Mengetahui Histori dan Riwayat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, karya sastra cukup kental akan histori dan sejarah di dalamnya. Kebanyakan penulis sastra pasti menyelipkan latar belakang, latar tempat, dan latar pendidikan masyarakat pada zamannya. Hal ini bisa menjadi sebuah pembelajaran baru sehingga kita bisa tahu bagaimana histori dan sejarah dari seluruh belahan dunia.

Sebagai contoh, karya sastra yang berjudul Siti Nurbaya. Dari novel itu kita bisa tahu bagaimana kehidupan orang-orang Hindia-Belanda pada tahun 1922. Kita pun menjadi mengerti betapa rumitnya menjalin hubungan pada masa itu.

2. Mengenal Budaya dan Tradisi

Karya sastra juga akan mengenalkan kita dengan budaya dan tradisi dari seluruh penjuru dunia. Dari sini kita bisa belajar banyak karena setiap daerah memiliki budaya dan tradisinya masing-masing. Kita bisa mengetahuinya dari narasi atau dialog yang ada di dalam karya sastra.

3. Mempertajam Insting

Setiap karya sastra memiliki alur dan cerita yang berbeda-beda. Dengan banyak membaca sastra, kita bisa mempertajam insting kita untuk mengetahui bagaimana alur cerita. Sebab, kebanyakan karya sastra memiliki sebuah pesan yang bisa diterapkan ke dalam pola pikir kita sehingga kita bisa lebih peka terhadap orang lain dan lingkungan.

4. Menambah Perbendaharaan Kata

Karya sastra selalu ditulis dengan pemilihan kata atau diksi yang baik. Kadang ada kata atau diksi yang tidak kita pahami maksudnya. Dari situ, kita bisa belajar untuk mengenal lebih banyak diksi untuk menambah perbendaharaan kata. Lambat laun, kita akan terbiasa menggunakan kata-kata yang tepat dalam kehidupan sehari-hari sehingga orang lain akan menganggap kita lebih profesional.

5. Media Pelipur Lara

Karya sastra juga sangat baik dijadikan pelarian saat hati sedang resah. Daripada harus melakukan hal-hal yang kurang baik, membaca adalah solusi yang tepat. Sebab, kadang ada kisah sastra yang mirip dengan apa yang kita alami sehingga kita bisa mengambil kesimpulan dan mendapatkan solusi untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

6. Meningkatkan Skil Menulis

Syarat utama untuk menjadi penulis adalah harus banyak membaca. Jika kita ingin menjadi seorang penulis, maka kita harus rajin membaca, termasuk karya sastra. Dari situ, kita akan tahu bagaimana cara penulis menyusun naskahnya hingga menjadi karya yang bisa dinikmati oleh khalayak ramai.

7. Meningkatkan Kreativitas

Dan yang tak kalah penting juga adalah bisa meningkatkan kemampuan otak kita. Membaca bisa melatih otak dan menguatkannya. Maka tak heran jika banyak orang berprestasi memiliki hobi membaca. Ada banyak buku yang bisa kita baca, misalnya buku pengetahun, buku motivasi, dan buku sastra.

Nah, itulah 7 manfaat membaca karya sastra yang harus kita ketahui. Jadi, mulai sekarang jangan malas membaca, ya!