Pengertian Hotel Menurut Para Ahli dan Istilah-Istilah dalam Perhotelan

pengertian hotel menurut para ahli

Pengertian Hotel Secara Umum

Pengertian hotel adalah bangunan yang memiliki banyak kamar untuk disewakan kepada setiap penginap dengan tarif tertentu sesuai dengan kualitas serta fasilitas yang diberikan.

Sedangkan menurut Kbbi, hotel adalah:

hotel/ho·tel/ /hotél/ n bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai tempat untuk menginap dan tempat makan orang yang sedang dalam perjalanan; bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan, penginapan, makan dan minum.

Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

Adapun pengertian hotel menurut para ahli adalah sebagai berikut.

1. Sulastiyono (2001 : 6)

Hotel merupakan sebuah usaha komersial yang menyediakan tempat menginap, makanan dan pelayanan-pelayanan umum lainnya.

2. Lawson (1976)

Hotel merupakan Sarana tempat tinggal umum untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan jasa kamar, penyedia makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran.

3. Hotel Oroprietors et all dalam Sulastiyono  (2001- 5)

Definisi hotel adalah suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus.

4. Richard Sihite

Menurut pendapat dari Richard Sihite, hotel ialah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara kormesial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan serta makanan dan minuman.

5. Agus Sambodo dan Bagyono

Menurut pendapat dari Agus Sambodo dan Bagyono, pengertian hotel adalah tempat dimana para wisatawan berkelas untuk memperoleh fasilitas penginapan dan makan dengan cara menyewa.

6. Endar Sri

Arti hotel adalah sebuah bangunan yang didirikan dan dioperasikan dengan tujuan menguntungkan dengan jalan menyiapkan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum.

7. Rumekso

Definisi hotel ialah bangunan yang menyiapkan kamar-kamar untuk menginap para turis atau wisatawan, makanan dan minuman dan fasilitas-fasilitas lain yang dibutuhkan.

8. Menurut Yayul Sri Perwani

Definisi hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara kormersial, yang disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan serta makan dan minuman.

9. Menurut Wikipedia

Menurut pendapat dari Wikipedia, hotel ialah tempat penghimpunan buat para wisatawan atau dapat juga bangunan fasilitator pondokan dan makanan untuk umum.

10. Menurut Prof K. Kraft

Hotel adalah sebuah bangunan yang menyediakan makanan dan pelayanan yang bersangkutan mengadakan perjalanan.

11. Menurut Webster New World Dictionary

Hotel adalah suatu bangunan yang menyediakan jasa penginapan, makanan, minuman, serta pelayanan lainnya untuk umum yang dikelola secara komersial terutama untuk para wisatawan.

12. Menurut Heldin Manurung dan Trizno Tarmoezi (2002 : 2)

Mengatakan bahwa “hotel adalah sebuah gedung yang digunakan untuk tempat penginapan dengan tujuan komersial dan menyediakan jasa pelayanan secara professional bagi para tamu termasuk penyediaan makanan dan minuman dan fasilitas lainnya.

Istilah-Istilah dalam Perhotelan

istilah dalam perhotelan

Istilah dalam perhotelan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Bicara tentang pengertian hotel, ada beberapa istilah dalam perhotelan yang juga penting untuk diketahui, seperti:

1. Room rate artinya tarif atau harga yang ditetapkan oleh sebuah hotel atau penginapan untuk menyewakan kamar atau ruangan tertentu kepada tamu.

2. Guest house, arti guest house adalah sebuah penginapan sementara yang biasanya dikelola oleh pemilik rumah atau pengelola kecil, dan memiliki beberapa kamar yang dapat disewakan kepada tamu.

3. Check in express hotel, arti check in express hotel adalah layanan yang memungkinkan tamu hotel untuk melakukan proses check-in secara cepat dan mudah, tanpa harus mengantri atau menunggu terlalu lama di meja resepsionis hotel.

4. Double bed dan twin bed, pengertian double bed dan twin bed penting diketahui agar tak salah paham.

Pengertian double bed adalah tempat tidur dengan ukuran yang cukup besar untuk menampung dua orang dewasa.

Sedangkan arti twin bed adalah dua tempat tidur terpisah yang ditempatkan di dalam satu kamar dan dapat digunakan oleh dua orang dewasa secara terpisah.

5. Deposit hotel, arti deposit hotel adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh tamu hotel pada saat check-in sebagai jaminan untuk menghindari kerusakan atau kehilangan barang milik hotel selama masa menginap.

6. Superior room, arti superior room adalah tipe kamar hotel yang lebih besar dan lebih mewah daripada tipe kamar standar

7. Twin room, pengertian twin room adalah tipe kamar hotel yang dilengkapi dengan dua tempat tidur terpisah yang seringkali memiliki ukuran yang sama atau hampir sama.

8. Superior double, kamar superior double artinya adalah tipe kamar hotel yang memiliki satu tempat tidur ganda dengan ukuran yang lebih besar dan fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan dengan tipe kamar standar.

9. Deluxe twin, kamar deluxe twin adalah tipe kamar hotel yang memiliki dua tempat tidur single dengan ukuran yang lebih besar dan fasilitas yang lebih lengkap.

10. Hotel syaiah, maksud dari hotel syariah adalah jenis hotel yang mengikuti prinsip-prinsip syariah Islam dalam operasionalnya.

11. Deluxe double, arti kamar deluxe double adalah jenis kamar hotel yang lebih luas dan mewah dengan fasilitas sangat lengkap yang memberi kenyamanan bagi penginap.

12. Kamar suite artinya adalah jenis kamar hotel yang lebih besar dan biasanya terdiri dari ruang tamu terpisah dengan kamar tidur, memberikan lebih banyak ruang dan privasi bagi tamu.

13. Cas hotel, kena cas hotel artinya terkena denda karena melanggar aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh hotel.

14. Resort hotel, pengertian resort hotel adalah jenis hotel yang terletak di kawasan wisata atau rekreasi, dan biasanya memiliki fasilitas tambahan yang lebih luas seperti kolam renang, lapangan golf, pusat kebugaran, spa, dan berbagai macam aktivitas rekreasi lainnya.

15. Hostel, hostel artinya adalah jenis akomodasi yang menyediakan tempat tidur dengan tarif yang lebih terjangkau dibandingkan hotel.

16. Hotel bintang 5, pengertian hotel bintang 5 adalah hotel dengan fasilitas dan layanan terbaik yang biasanya terdiri dari kamar-kamar yang luas dan mewah, restoran dengan pilihan makanan yang lengkap, kolam renang dan spa, serta berbagai fasilitas lainnya yang membuat tamu merasa nyaman dan terlayani dengan baik.

17. Check in, arti check in hotel adalah proses registrasi tamu yang baru tiba di hotel.

18. Incognito hotel, arti incognito hotel adalah layanan yang merahasiakan identitas penginap sehingga lebih privasi.

19. Home stay, arti home stay adalah sebuah akomodasi yang menawarkan penginapan di dalam rumah penduduk setempat.

20. Reservasi, arti reservasi hotel adalah proses pemesanan kamar hotel oleh tamu untuk masa inap yang diinginkan.

21. Motel, arti motel adalah jenis akomodasi sementara yang umumnya terdiri dari kamar-kamar tidur yang ditempatkan di sepanjang jalan atau di dekat jalan raya.

22. Front desk, Arti front desk adalah area penerimaan tamu di hotel untuk memeriksa ketersediaan kamar, melakukan check-in dan check-out, dan membayar tagihan.

Nah, itulah beberapa pengertian hotel menurut para ahli dan istilah-istilah populer dalam perhotelan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.id ya!