Header Ads Widget

4 Tipe Mahasiswa di Kampus, Kamu Tipe yang Mana?


Mengenyam bangku pendidikan hingga ke Universitas tentunya menjadi dambaan banyak orang. Sebab, tidak sedikit yang berpendapat bahwa siapapun yang telah lulus dari perguruan tinggi dan mendapatkan gelar sarjana, memiliki kemudahan dalam mencari pekerjaan dibanding dengan orang yang hanya lulus dari bangku sekolah menengah atas.

Saat menjadi mahasiswa, kita akan memiliki pengalaman berbeda dibanding ketika masih duduk di bangku sekolah.

Perbedaan yang bisa kita rasakan adalah seperti cara belajar, suasana sekolah, hingga tipe-tipe teman yang beragam.

Walaupun telah menghabiskan banyak waktu di kampus, mungkin kamu masih belum tahu seperti apa tipe-tipe mahasiswa yang ada di kampus.

Tipe Mahasiswa di Kampus

1. Tipe Mahasiswa Aktivis


Seperti yang kamu tahu bahwa sebagian besar para aktivis berasal dari mahasiswa. Mereka berkumpul untuk menyuarakan aspirasi rakyat yang tidak mendapatkan keadilan ataupun kesejahteraan dari pemerintah.

Kesibukan mereka selain kuliah adalah unjuk rasa atau demonstrasi di depan instansi kepemerintahan demi membela rakyat lemah. Bahkan, mereka lebih banyak menghabiskan waktu di luar kampus untuk berdiskusi.

2. Tipe Mahasiswa Kupu-Kupu Alias Kuliah Pulang-Kuliah Pulang

Selain mahasiswa yang aktif dalam organisasi dan juga sebagai aktivis di luar kampus, ada juga tipe mahasiswa yang hanya sibuk kuliah untuk mengejar nilai akademis.

Tipe mahasiswa tersebut sering dijuluki dengan mahasiswa kupu-kupu alias kuliah pulang-kuliah pulang.

Artinya, mahasiswa tipe ini hanya datang ke kampus untuk kuliah atau mengikuti pelajaran. Setelah pelajaran selesai, mereka langsung pulang.

3. Tipe Mahasiswa Titip Absen

Bukan rahasia umum lagi jika banyak mahasiswa yang malas pergi ke kampus karena berbagai alasan. Tipe mahasiswa seperti ini biasanya lebih memilih untuk menitip absen ke teman atau pacar. Ada yang sukses titip absen, ada pula yang ketahuan. Namun saat ketahuan, biasanya mereka memiliki segudang alasan yang dilontarkan kepada dosen.

4. Tipe Mahasiswa Business-man atau Bussines-woman

Kampus tidak hanya dijadikan sebagai tempat mencari ilmu saja. Ada banyak mahasiswa yang memanfaatkannya untuk berbisnis, seperti berjualan makanan, benda-benda kampus, dan masih banyak lainya. Selain itu, tidak sedikit mahasiswa yang juga memiliki usaha di luar kampus atau kerja paruh waktu sehingga jarang datang ke kampus.

Well, itulah beberapa tipe-tipe mahasiswa yang bisa ditemui di kampus. Kalau kamu sendiri, tipe mahasiswa yang mana?

Author : Eva
Editor  : Maulana Affandi