Header Ads Widget

Pengertian Biografi Lengkap dengan Contohnya

Pengertian Biografi

Biografi adalah kisah hidup seseorang yang diabadikan dalam bentuk tulisan, teks, atau naskah. Biografi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu Bios yang artinya hidup dan Graphien yang artinya tulis. Sehingga jika digabungkan maka bisa berarti tulisan yang mengisahkan hidup seseorang.

Teks Biografi

Lebih sederhana lagi, biografi bisa dikatakan sebagai riwayat hidup. Jadi, dalam mengisahkan riwayat hidup seseorang, teks yang digunakan dalam biografi bisa panjang ataupun pendek. Biasanya, jika teks biografi panjang, kisah yang dianggap cukup mendetail mengenai masa lalu sedari seseorang tersebut masih kecil hingga dewasa.

Namun, kadang juga biografi hanya mengambil poin-poin penting dari kisah hidup seseorang. Poin-poin penting itu berupa tanggal lahir, nama lengkap, nama kecil, orang tua, pendidikan, karir, prestasi, pasangan, anak, dan tempat tinggal. Semua data tersebut dikemas menjadi teks yang ringkas sehingga menjadi sebuah bacaan yang informatif, alias informasi yang diberikan dapat dimengerti oleh pembaca.

Struktur Teks Biografi

Adapun struktur teks negosiasi meliputi:
  • Orientasi
Orientasi bisa berupa pengenalan awal terhadap sosok yang sedang ditulis biografinya.
  • Pengenalan Lebih Lanjut
Dalam pengenalan lebih lanjut, teks biografi biasanya berisi tentang latar belakang, silsilah keluarga, serta hari lahir dari tokoh.
  • Peristiwa
Selanjutnya, teks biografi harus berisi peristiwa. Maksud dari peristiwa di sini adalah teks biografi berisi rentetan kisah hidup serta masalah yang pernah dialami oleh seseorang. Baik itu dari kisah ekonomi, pendidikan, ataupun karir.
  • Penutup
Dalam bagian penutup, biasanya berisi mengenai pandangan penulis tentang tokoh atau seseorang yang sedang ditulis teks biografinya. Namun ini sifatnya opsional, kadang juga tidak dicantumkan.

Siapa yang Layak Ditulis Biografinya?

Tidak ada yang tidak layak, alias semua bisa ditulis teks biografinya, termasuk diri sendiri. Jadi, biografi tidak harus mengisahkan tokoh-tokoh ternama saja. Begitu banyak contoh biografi diri sendiri yang membuktikan bahwa biografi tidak harus mengisahkan tokoh-tokoh penting saja. Setiap orang bisa menulis biografi diri sendiri dengan tujuan agar orang lain mengetahui kisah hidupnya.

Contoh Teks Biografi

Supaya lebih jelas, berikut adalah beberapa contoh teks biografi singkat dari para tokoh-tokoh penting di Indonesia.

1. Biografi Soekarno

  • Nama Lengkap: Dr. Ir. H. Soekarno
  • Nama Kecil: Koesno Sosrodihardjo
  • Nama Panggilan: Bung Karno, Soekarno, Pak Karno
  • Lahir: Surabaya, 6 Juni 1901
  • Wafat: Jakarta, 21 Juni 1970
  • Orang Tua : Soekemi Sosrodihardjo (Ayah), Ida Ayu Nyoman Rai (Ibu),
  • Istri: Oetari, Inggit Garnasih, Fatmawati, Hartini, Kartini Manopo, Ratna Sari Dewi, Haryati, Yurike Sanger, Heldy Djafar
  • Anak: Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Taufan Soekarnoputra, Bayu Soekarnoputra, Totok Suryawan Soekarnoputra, Karina Kartika Sari Dewi Soekarno, Ayu Gembirowati.

2. Biografi R.A Kartini

Nama Lengkap : Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat
Nama lain : R.A Kartini
Tempat dan Tanggal Lahir : Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879
Wafat : Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904
Agama : Islam
Orang Tua : Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat (Ayah), M.A. Ngasirah (Ibu)
Saudara Kandung : R.M Slamet Sosroningrat, P.A Sosrobusono, R.A Soelastri, Drs. R.M.P Sosrokartono, R.A Roekmini, R.A Kardinah, R.A Kartinah, R.M Muljono, R.A Soematri, R.M Rawito
Suami : K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat
Anak : Soesalit Djojoadhiningrat