Header Ads Widget

Kenapa Ada Orang yang Tidak Suka Dipeluk? Ini Alasannya!

Pernahkah kamu mendengar istilah "kenyamanan akan diperoleh hanya dengan sebuah pelukan?" Ya, istilah tersebut nyatanya dipercaya oleh banyak orang.

Sebab, pelukan merupakan sebuah cara untuk menyalurkan kasih sayang baik yang dilakukan oleh pria dan wanita maupun oleh sesama jenis (dalam artian wanita dengan wanita dan pria dengan pria).

Walaupun dengan berpelukan bisa menimbulkan rasa nyaman, namun ternyata tidak sedikit orang yang tidak suka bahkan sangat benci jika dipeluk. Lantas, mengapa demikian?

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 menyebutkan bahwa seseorang yang lahir dan dibesarkan oleh orangtua yang suka memberikan pelukan, maka saat dewasa ia akan menjadi pribadi yang suka memeluk.

Namun, dalam artian hanya memeluk orang-orang terdekat yang ia sayangi dan bukan ke sembarang orang.

Sebaliknya, jika seseorang yang lahir dan dibesarkan oleh orangtua yang jarang atau bahkan hampir tidak pernah memeluk, maka ia akan tumbuh menjadi pribadi yang dingin dan tidak suka memeluk atau dipeluk.

Baca juga: Jangan Takut Bertemu Calon Mertua Kalau Kamu Cinta Anaknya

Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ikatan emosional yang diciptakan saat berpelukan, sejatinya tumbuh sejak kecil yang disalurkan oleh kebiasaan orangtua.

Tidak hanya berpelukan saja, bergandengan tangan ataupun bersentuhan fisik lainnya juga bisa menciptakan rasa kasih sayang yang harus dibentuk sejak dini.

Namun, tidak semua orang memiliki alasan tersebut. Sebab, ada sebagian besar orang yang tidak pernah mendapatkan pelukan sejak kecil justru memiliki kecenderungan untuk selalu ingin dipeluk atau berpelukan saat tumbuh dewasa.

Untuk itu, walaupun kita terlahir dan dibesarkan oleh orangtua yang jarang memeluk, ada baiknya jika kita tetap saling menjaga dan membangun rasa sayang dengan cara berpelukan.

Tidak ada salahnya memeluk orang tersayang dalam hidup kita. Tapi, harus tetap ingat bahwa pelukan haruslah sewajarnya saja.