Header Ads Widget

Batas-Batas Wilayah Indonesia Lengkap


Batas Wilayah Indonesia Bagian Utara

Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia (bagian timur), tepatnya berada di pulau kalimantan. Wilayah perairan atau laut Indonesia sebelah utara (selat Malaka) berbatasan langsung dengan laut di lima negara, antara lain : Malaysia, Thailand, Singapura,Vietnam, dan Filipina.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Barat

Perairan Indonesia sebelah barat berhadapan langsung dengan laut lepas, tepatnya samudra Hindia. Indonesia berbatasan dengan Negara India. Tidak ada negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia di bagian barat.

Secara geografis, daratan Indonesia terpisah jauh dengan daratan India. Namun, terdapat dua pulau yang menjadi penanda perbatasan atara Negara Indonesia dan Negara India, yakni pulau Ronde dan pulau Nicobar. Area ini sering terjadi pelanggaran daerah teritorial yang dilakukan oleh para nelayan penangkap ikan.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Timur

Wilayah timur Indonesia berbatasan langsung dengan perairan Samudera Pasifik dan daratan Papua Nugini. Indonesia dan Papua New Ginie telah menyepakati kesepakatan bilateral yang sudah dibuat untuk mengatur hak kekuasaan di masing-masing negara untuk tidak mencampuri kepentingan negara lain baik di darat maupun di laut.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Selatan

Indonesia bagian selatan berbatasan langsung dengan wilayah darat perairan Australia, Timor Leste, dan Samudera Hindia. Timor Leste dulunya adalah bekas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang telah memisahkan diri pada pertengahan tahun 1999. Sebelum memisahkan diri wilayah ini dikenal dengan timor timur.

Indonesia juga berbatasan dengan perairan Australia. Pada awal tahun 1997, NKRI dan Australia telah menyepakati sebuah perjanjian yang mengatur tenantang batas-batas wilayah negara keduanya yang meliputi Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE), hak otonomi dan batas landas kontinen.