Header Ads Widget

9 Pengertian Sosiolinguistik Menurut Para Ahli

Pengertian Sosiolinguistik

Sosiolinguistik adalah ilmu antardisiplin antara sosiologi dan linguistik, yaitu penggabungan dua bidang ilmu empiris yang mempunyai kaitan sangat erat dalam satu bidang kajian. Lantas, apa makna dari sosiologi dan linguistik itu sendiri?

Secara sederhana, sosiologi bisa dijelaskan sebagai kajian yang objektif dan ilmiah mengenai manusia di dalam masyarakat, yang menyangkut induvidu, lembaga-lembaga, dan proses sosial yang ada di dalam masyarakat.

Sosiologi berupaya mengetahui bagaimana proses masyarakat itu terjadi, berlangsung, dan tetap ada sampai saat ini.

Sebab, dalam kehidupan sosial selalu ada permasalahan yang harus dicari tahu bagaiamana solusinya sehingga tidak terjadi konflik yang serius dalam kehidupan bermasyarakat.

Sedangkan linguistik sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang bahasa, di mana bahasa teramat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Baik itu berupa tatanan ataupun sistematika pelafalan, dijelaskan secara rinci dalam bidang kajian linguistik.

Ada juga yang menyebutkan jika sosiolinguistik adalah ilmu yang interdisipliner. Artinya, dalam istilah linguistik-sosial (sosiolinguistik), kata sosio sendiri adalah aspek utama yang menjadi rujukan penelitian dan merupakan ciri umum bidang keilmuan itu.

Linguistik dalam hal ini juga berciri sosial sebab bahasa pun berciri sosial, yaitu bahasa dan strukturnya hanya dapat berkembang dalam suatu masyarakat tertentu.

Aspek sosial dalam hal ini mempunyai ciri khusus, misalnya ciri sosial yang spesifik dan bunyi bahasa dalam kaitannya dengan fonem, morfem, kata, kata majemuk, dan kalimat.

Pengertian Sosiolinguistik Menurut Para Ahli

Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa pengertian sosiolinguistik menurut para ahli.

1. Sumarsono (2007:2)

Mendefinisikan sosiolinguistik sebagai linguistik institusional yang berkaitan dengan pertautan bahasa dengan orang-orang yang memakai bahasa itu.

2. Abdul Chaer (2004:2)

Berpendapat bahwa intinya sosiologi itu adalah kajian yang objektif mengenai manusia di dalam masyarakat, mengenai lembaga-lembaga, dan proses sosial yang ada di dalam masyarakat, sedangkan pengertian linguistik adalah bidang ilmu yang mempelajari bahasa atau bidang ilmu yang mengambil bahasa sebagai objek kajiannya.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa sosiolinguistik adalah bidang ilmu antardisiplin yang mempelajari bahasa dalam kaitannya dengan penggunaan bahasa itu di dalam masyarakat.

3. Rafiek (2005:1)

Mendefinisikan sosiolinguistik sebagai studi bahasa dalam pelaksanaannya itu bermaksud/bertujuan untuk mempelajari bagaimana konvensi-konvensi tentang relasi penggunaan bahasa untuk aspek-aspek lain tentang perilaku sosial.

4. Wijana (2006:7)

Berpendapat bahwa sosiolinguistik merupakan cabang linguistik yang memandang atau menempatkan kedudukan bahasa dalam hubungannya dengan pemakai bahasa itu di dalam masyarakat. Pendapat tersebut pada intinya berpegang pada satu kenyalaan bahwa dalam kehidupan bermasyarakat manusia tidak lagi sebagai individu, akan tetapi sebagai masyarakat sosial.

5. Booiji (Rafiek, 2005:2)

Mendefinisikan sosiolinguistik sebagai cabang linguistik yang mempelajari faktor-faktor sosial yang berperan dalam pemakaian bahasa dan yang berperan dalam pergaulan.

6. Nababan

Mengatakan bahwa sosiolinguistik merupakan pengkajian bahasa dengan dimensi kemasyarakatan.

7. Bram & Dickey, (ed. 1986:146)

Menyatakan bahwa Sosiolinguistik megkhususkan kajiannya pada bagaimana bahasa berfungsi di tengah masyarakat. Mereka menyatakan pula bahwa sosiolinguistik berupaya menjelaskan kemampuan manusia menggunakan aturan-aturan berbahasa secara tepat dalam situasi-situasi yang bervariasi.

8. Kridalaksana (1978: 94)

Sosiolinguistik lazim didefinisiksn sebagai ilmu yang mempelajari ciri dan berbagai variasi bahasa di dalam masyarakat bahasa.

9. C.Criper dan H.G.Widdowson dalam J.P.B Allen dan S.Piet Corder (1975: 156)

Sosiolinguistcs is the study of language operation, it’s purposeis to investigatehow the convention of the language use relate to other aspects of social behavior. Artinya, sosiolinguistik adalah kajian bahasa dalam penggunaannya, dengan tujuan untuk meneliti bagaimana konvevsi pemakaian bahasa berhubungan dengan aspek-aspek laindari timgkah laku sosial.

Nah, itulah pengertian sosiolinguistik menurut para ahli. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.id