Header Ads Widget

Ingin Menulis Novel Remaja? Perhatikan Hal Penting ini!


Dunia literasi memang tidak akan ada habisnya. Pada setiap masa pasti bermunculan penulis-penulis berbakat yang siap menciptakan sebuah karya Sastra. Karya-karya Sastra tersebut tentunya memiliki kategori yang berbeda. Namun, secara umum karya Sastra dapat dikategorikan menjadi dua kelompok, yaitu fiksi dan nonfiksi.

Contoh karya nonfiksi adalah pengembangan diri, how to, motivasi, dan sejenisnya. Sedangkan contoh karya fiksi adalah puisi, cerpen, novel, roman. Walau berbeda tapi kedua jenis karya Sastra tersebut haruslah memiliki konsep yang tidak menyesatkan pembaca. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah penelitian saat hendak menulis karya Sastra yang nantinya akan mengedukasi orang banyak.

Belakangan ini, buku bacaan yang sedang laris di Indonesia adalah novel. Novel sendiri memiliki arti sebuah karangan prosa yang menceritakan kehidupan seseorang lengkap dengan watak, alur, konflik, dan penyelesaian. Novel adalah sebuah karangan kompleks yang teridiri dari ratusan halaman. Walau terkesan membosankan karena harus membaca ratusan halaman, nyatanya kedudukan Novel tidak bisa dijatuhkan. Tetap laris dan tetap dinikmati oleh kaula muda maupun dewasa.

Dikutip dari beberapa sumber, bahwasanya penikmat novel di Indonesia mayoritas adalah perempuan. Maka dari itu, sebagai penulis Novel haruslah jeli melihat fenomena tersebut. Jika mayoritas pembaca Novel adalah perempuan, maka penulis hendaknya mengarang sebuah tokoh laki-laki dengan karakter yang kuat. Karena tokoh laki-laki dalam Novel adalah tokoh yang paling diperhatikan oleh setiap pembaca perempuan.

Semakin mampu menguatkan tokoh dan karakter laki-laki dalam karangannya, semakin pula membuat para pembaca terhipnotis dengan isi karangan tersebut. Tentunya, mereka (perempuan) akan merekomendasikan Novel tersebut ke rekan sehobinya. Semakin sering direkomendasikan, semakin banyak pula Novel tersebut terjual. Sehingga memberikan benefit bagi penulis (materi maupun nama).

Jadi, saat menulis sebuah Novel hendaknya memperhatikan tokoh laki-laki dan menguatkan karakternya hingga para pembaca merasa terpuaskan dengan adanya tokoh tersebut. Tidak sampai disitu saja, unsur-unsur lainnya juga harus diperhatikan seperti alur, latar, konflik, dan penyelesaian.

Penulis : Maulana Affandi

Posting Komentar

24 Komentar

  1. Informasinya bisa jadi tuntunan kl mau jd penulis gan..

    BalasHapus
  2. sangat bermanfaat gan buat referensi ....

    BalasHapus
  3. Banyak hal memang yg harus diperhatikan dalam menjadi seorang penulis.

    BalasHapus
  4. Lagi bikin gan :D doain ane biar keterima penerbit yah :v

    BalasHapus
  5. ane suka baca novel tapi belum kepikiran mau bikin sendiri -_- tapi setelah baca ini ane lebih paham tentang cara membuat novel. thanks gan

    BalasHapus
  6. Thanks gan, sangat membantu saya dalam melanjut novel yang lagi dlm penggarapan. Tapi bukan novel remaja sih soalnya genre yg saya ambil crime thriller

    BalasHapus
  7. Thanks gan, sangat membantu saya dalam melanjut novel yang lagi dlm penggarapan. Tapi bukan novel remaja sih soalnya genre yg saya ambil crime thriller

    BalasHapus
  8. semenjak saya baca artikel ini , saya jadi suka menulis novel karangan saya sendiri , terimakasih

    BalasHapus
  9. Pas banget nih buat ane yang suka nulis cerpen,.

    BalasHapus
  10. ilmu nya sangat di butuh kan nih,, coba mempelajari ahhh

    BalasHapus
  11. Sayangnya saya lebih suka ke NOVEL Fiksi atau lebih ke arah Cerita kehidupan yang dimana nantinya bisa di Adaptasi menjadi sebuah Film~

    BalasHapus
  12. semenjak baca ini ane jadi tau tentang menulis novel yg benar, btw ane mau coba nih

    BalasHapus
  13. mantap gan, belum berani kalo mau nulis novel mah. Paling kuat juga ane nulis cerpen 20 halaman, itupun udah puyeng bener abis nulis haha

    BalasHapus
  14. wah mantap gan novel yang biasa saya tulis mungkin ada yang salah yah, setelah saya membaca artikel agan sangat wow

    BalasHapus
  15. Mantap gan kembangkan dunia sastra indonesia :)

    BalasHapus
  16. makasih info kak jadi klo kapan2 kepengen jadi udh tahu cara nya

    BalasHapus
  17. Perlu banyak belajar saya untuk menulis sebuah novel lagi nih. Namun entah kenapa terkadang stuck di tengah jalan.

    BalasHapus
  18. ckckckc klw ane gagal nulis novel krena cerita nya g prnh nyambung heheh

    BalasHapus
  19. Thanks Gan! Ane Pengen Nyoba Nulis Novel Dari Dulu Akhirnya Nemu Tips

    BalasHapus