Header Ads Widget

80% Orang Berhasil pada Tahap Interview Menggunakan 3 Cara ini




Bekerja di perusahaan ternama adalah sebuah dambaan bagi setiap orang. Sebab dengan bekerja di perusahaan tersebut, sudah pasti akan memberikan benefit yang mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Hingga tak jarang setiap orang berlomba-lomba untuk mendapatkan kesempatan bekerja pada perusahaan tersebut. Sayangnya, semakin bonafit sebuah perusahaan semakin selektif pula proses seleksinya. Terlebih saat proses interview atau wawancara. Mereka (perusahaan) tidak akan sembarangan mengutus orang untuk melakukan proses interview guna mencari bibit karyawan terbaik.

Begitu banyak keluhan para jobseeker mengenai rumitnya proses interview dengan pertanyaan-pertanyaan mematikan. Tapi, dari sekian banyak yang gagal, adapula yang berhasil melampaui ketatnya proses tersebut. Dari beberapa sumber yang dihimpun, 3 tips berikut efektif membuat team HRD akan takjub dengan si pelamar kerja.

1. Tampil Rapi

Penampilan memang bukan segalanya, tapi awal mula dari segalanya adalah penampilan. Saat awal mula bertatap muka, sebelum memulai pembicaraan pasti yang dilihat terlebih dahulu adalah penampilan. Walau tidak berparas tampan atau cantik, tapi dengan berpenampilan rapi akan memberikan poin lebih untuk kita.

Berpenampilan rapi saat melakukan proses interview menunjukkan kualitas dan kesungguhan kita untuk bekerja pada perusahaan tersebut. Sebab, jika berpenampilan tidak rapi, sudah bisa terlihat karakter yang tidak tertata pada diri seseorang.

Selain itu, team penguji akan merasa tidak dihargai jika kita mengenakan pakaian yang sama sekali tidak rapi dan tidak mencerminkan jiwa keteladanan. Pada dasarnya, semakin rapi penampilan seseorang, akan semakin enak dipandang. Semakin enak dipandang, akan menimbulkan rasa nyaman hingga akhirnya ketertarikan pun muncul.

2. Jujur

Setiap penguji dalam proses interview merupakan orang-orang pilihan yang memang berbakat dalam mengetahui karakter dan kemampuan para pelamar. Pertanyaan-pertanyaan rumit yang dilontarkan membuat mati kutu. Tapi, dengan berusahan jujur, itu akan meningkatkan nilai kita dalam penilaian mereka. Walau kita terkesan "bodoh" karena terlalu jujur, itu baik.

Lebih baik tidak bisa menjawab karena jujur daripada terlalu banyak alasan karena bohong. Mereka team penguji sangat mengetahui apakah jawaban kita itu jujur atau mengandung unsur kebohongan. Yang dicari oleh mereka bukanlah kehebatan kita, tapi kejujuran. Sebab, skill bisa diupgrade saat sudah bekerja, namun attitude merupakan hal yang utama. Jadi, usahakanlah selalu jujur dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh mereka.

3. Cakap dan Lugas

Orang smart dapat dilihat dari cara berbicaranya. Dengan berbicara lancar dan rapi tatanan kalimatnya, orang itu adalah orang yang berpotensi. Sebaliknya, jika berbicara terbata-bata terlebih karena grogi, maka kita akan menjadi sasaran empuk bagi team penguji. Usahakan selalu menjawab dengan lugas, cakap, seperlunya. Jangan terlalu bertele-tele, langsung ke pokok pembahasan.

Cermati setiap pertanyaan yang dilontarkan, lantas jawab dengan tanpa melenceng dari topik. Perlu diketahui, semakin sering team penguji bertanya, berarti semakin tertarik mereka kepada kita. Saat sedang interview, amatilah durasi waktu dari setiap pelamar. Jika durasi interview kita lebih lama dari pelamar lain, kemungkinan besar team penguji lebih berminat kepada kita. Sebab, sesuai dengan hukum dasar, sharing akan lebih hidup dan berdurasi lama jika bersama orang yang asyik.

Penulis : Maulana Affandi

Posting Komentar

33 Komentar

  1. Saya juga waktu melamar pekerjaan dikasih tau sama kawan2 kalo mau ngelamar atau pas interview tamolian dan sikap harus bagus dan baik

    BalasHapus
  2. bener banget cakap dan lugas, ga bertele-tele, meskipun gerogi. wkwk

    BalasHapus
  3. kalo saya sih yang pasti grogi banget gan, apalagi pas HRDnya nanya berapa gaji yang kamu inginkan? ane mau jawab jujur tapi takut salah, soalnya pengalaman ane jawab jujur soal gaji malah di tolak

    BalasHapus
  4. lumayan nih buat bekal nanti interview

    BalasHapus
  5. suatu saat kalo saya di interview , saya coba cara ini gan

    BalasHapus
  6. mantap nih tipsnya untuk orang yang mau melamar pekerjaan

    BalasHapus
  7. Keren gan , bermanfaat bagi yang mau masuk kerja

    BalasHapus
  8. dari penampilannya saja sudah meyakinkan

    BalasHapus
  9. Berbuat jujur itu lumayan sulit dilakukan kalo enggak ada dasarnya

    BalasHapus
  10. makasih gan, besok saya akan tes interview gan, thannks banyak2

    BalasHapus
  11. Cocok banget nih gan, kebetulan gue lagi nganggur dan ini tips yg bagus kayaknya

    BalasHapus
  12. perlu bersiap-siap nih, soalnya lagi masukin lamaran kerja. hehehehe

    BalasHapus
  13. Makasih Bro, Referensi Kalo Mau Ngelamar Kerja nih.

    BalasHapus
  14. makasih infonya gan.. sangat membantu

    BalasHapus
  15. Artikel yang sangat bermanfaat! Thanks gan!

    BalasHapus
  16. benar segali mas, selain rapi, cakap dan lugas. jujur merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan. tulisan ini menurut saya pribadi, bukan hanya mengarah pada suatu hal saja. tapi mencakupi seleuruh aspek dalam kehidupan. terimakasih mas

    BalasHapus
  17. https://ngobrolsamauwang.blogspot.co.id/?m=1

    BalasHapus
  18. https://ngobrolsamauwang.blogspot.co.id/?m=1

    BalasHapus
  19. wah hrs diterapkan nih biar siap klu di invterview, makasih infonya gan

    BalasHapus
  20. yg lainnya udah oke.

    cuman ada tambahan min, yatu percaya diri. cuman jangan terlalu PD juga, ntar dikiranya kita sombong. hehehhe

    BalasHapus
  21. thx infonya gan.. sangat bermanfaat

    BalasHapus
  22. Mantappp min dan yang penting harus percaya diri min 😄

    BalasHapus
  23. terima kasih infonya semoga bermanfaat mas salam sukses semuanya

    BalasHapus
  24. lumayan nih buat modal nglamar kerja

    BalasHapus