Untuk mendukung lingkungan kaya teks di satuan pendidikan, langkah yang bisa dilakukan guru cakap dan mahir yaitu?
A. Menjadwalkan waktu khusus bagi peserta didik untuk membaca buku pengayaan secara berkala
B. Menjadwalkan waktu khusus untuk peserta didik membuat jurnal menulis
C. Mengembangkan kemampuan menyeleksi buku pengayaan di kelas untuk mendukung pembelajaran dan kegiatan membaca yang menyenangkan dengan partisipasi peserta didik, orang tua, dan warga sekolah
D. Semua benar
Jawaban:
D. Semua benar
Pembahasan:
Jawaban yang tepat adalah D. Semua benar. Berikut penjelasannya:
A. Menjadwalkan waktu khusus bagi peserta didik untuk membaca buku pengayaan secara berkala
Hal ini penting untuk menyediakan waktu bagi peserta didik untuk membaca buku pengayaan dan meningkatkan minat baca mereka.
B. Menjadwalkan waktu khusus untuk peserta didik membuat jurnal menulis
Hal ini dapat membantu peserta didik untuk memproses informasi yang mereka baca dan mengembangkan keterampilan menulis mereka.
C. Mengembangkan kemampuan menyeleksi buku pengayaan di kelas untuk mendukung pembelajaran dan kegiatan membaca yang menyenangkan dengan partisipasi peserta didik, orang tua, dan warga sekolah
Hal ini penting untuk memastikan bahwa buku pengayaan yang tersedia di kelas sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik.
Selain itu, guru cakap dan mahir juga dapat melakukan beberapa langkah berikut untuk mendukung lingkungan kaya teks di satuan pendidikan:
- Membuat sudut baca yang menarik dan nyaman di kelas.
- Mendekorasi kelas dengan poster dan karya seni yang berhubungan dengan literasi.
- Membaca buku dengan suara keras untuk peserta didik.
- Menerapkan strategi pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk berpikir kritis dan kreatif tentang teks.
- Bekerja sama dengan orang tua dan warga sekolah untuk menyediakan lebih banyak kesempatan bagi peserta didik untuk membaca.
Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, guru cakap dan mahir dapat membantu menciptakan lingkungan kaya teks di satuan pendidikan yang akan meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi peserta didik.