Saat kelas 2 SD, Kana sangat kagum ketika melihat teman kelasnya membuat prakarya dari batang korek api

Saat kelas 2 SD, Kana sangat kagum ketika melihat teman kelasnya membuat prakarya dari batang korek api. Menurut Kana, apa yang dibuat oleh temannya sangat kreatif dan baru.

Namun, bagi Pak Amar, seorang guru seni, prakarya tersebut tidaklah baru karena merupakan bahan materi ajar untuk peserta didik kelas 3 SD.

Ilustrasi di atas menunjukkan prinsip orisinalitas yang bersifat relatif, yaitu…

A. Sesuatu yang baru bagi seseorang sudah pasti menjadi hal yang tidak biasa bagi orang lain.

B. Sesuatu yang baru bagi seseorang bisa jadi sudah menjadi hal yang biasa bagi orang lain.

C. Sesuatu yang baru bagi seseorang sudah pasti menjadi hal yang biasa bagi orang lain.

D. Sesuatu yang baru bagi seseorang sudah pasti baru bagi orang lain.

Jawaban:

B. Sesuatu yang baru bagi seseorang bisa jadi sudah menjadi hal yang biasa bagi orang lain.

Baca juga: Bu Maria adalah seorang guru bahasa SMP. Bu Maria ingin mengajak peserta didiknya untuk melakukan refleksi pembelajaran

Pembahasan:

Kana, seorang siswa kelas 2 SD, terpana melihat prakarya temannya yang terbuat dari batang korek api.

Bagi Kana, prakarya tersebut sangatlah kreatif dan baru. Ia belum pernah melihat prakarya seperti itu sebelumnya.

Namun, Pak Amar, guru seni kelas 3 SD, memiliki pandangan berbeda. Menurut Pak Amar, prakarya tersebut tidaklah baru.

Prakarya batang korek api merupakan materi ajar yang biasa diajarkan kepada siswa kelas 3 SD.

Ilustrasi ini menunjukkan bahwa konsep orisinalitas bersifat relatif.

Hal yang baru bagi seseorang, seperti Kana, bisa jadi sudah menjadi hal yang biasa bagi orang lain, seperti Pak Amar yang memiliki pengetahuan dan pengalaman lebih dalam bidang tersebut.

Oleh karena itu, penting untuk memahami bahwa setiap orang memiliki tingkat pengetahuan dan pengalaman yang berbeda.

Hal ini dapat memengaruhi cara pandang mereka terhadap sesuatu, termasuk dalam menilai orisinalitas suatu karya.

Previous Post Next Post