Header Ads Widget

Menjadi Yang Terbaik, Yuk Cari Tahu Keunggulan Aplikasi Lightroom Untuk Edit Foto



Editing foto sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh sebagian besar orang. Tak ayal jika kini tersedia banyak aplikasi edit foto terbaik yang bisa membantu dalam hal editing foto, salah satunya Adobe Lightroom.

Fiturnya yang tergolong lengkap dan kemudahan pengoperasiannya membuat aplikasi ini menjadi favorit semua kalangan. Agar lebih tahu, yuk intip apa saja keunggulan aplikasi lightroom untuk edit foto.

Kelebihan Aplikasi Editing Foto Lightroom

1. Mendukung File RAW

Mengambil gambar dengan format RAW sangatlah disarankan, apalagi bagi fotografer profesional. Pasalnya, foto yang membawa format RAW akan menangkap semua objek gambar yang ditangkap oleh sensor kamera. Hal tersebut berbeda dengan format JPEG yang datanya terkompresi. Sayangnya, tak semua aplikasi editing foto di smartphone yang mendukung format ini.

Salah satu jenis aplikasi yang membawakan format RAW adalah Adobe Lightroom. Adanya fitur tersebut membuat pengguna bisa mengimport serta mengedit foto dalam format RAW meskipun melalui ponsel. Dengan hal ini tentunya membuat pengguna tidak perlu bersusah payah mempercantik gambar berformat RAW melalui PC. Hal itulah yang membuat aplikasi ini banyak disukai oleh pengguna.

2. Memiliki Fitur Editing Yang Tergolong Lengkap

Menurut beberapa orang, Lightroom dikatakan sebagai aplikasi pengolah foto yang memiliki fitur terlengkap. Hal tersebut menjadi keunggulan aplikasi Lightroom yang menguntungkan bagi pengguna. Dengan perangkat editing tersebut, pengguna bisa melakukan beberapa langkah pengolahan foto sederhana, mulai dari mengatur pencahayaan, kontras, highlight, shadow, serta rona putih dan hitam.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa melakukan perubahan warna, corak, saturasi, dan vibrance. Bahkan menambahkan efek tekstur, kejernihan, vignette, efek kebut dan grain juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi ini. Sayangnya, tidak semua fitur tersedia secara gratis. Terdapat beberapa fitur yang mengharuskan pengguna melakukan upgrade berbayar jika ingin memakainya.

Selain seperangkat fitur editing yang lengkap, Lightroom juga membawakan aplikasi kamera built-in di dalamnya. Dengan fitur ini, memungkinkan pengguna untuk bisa melakukan editing foto setelah melakukan pengambilan gambar. Untuk mengakses fitur tersebut, hanya perlu menekan icon camera. Selain bisa mengatur rasio, fitur ini juga menyediakan timer dengan banyak pilihan, mulai dari 2, 5 dan 10 detik.

3. Menyediakan Fitur Sinkronisasi Cloud

Salah satu yang menjadi keunggulan aplikasi Lightroom adalah adanya fitur sinkronisasi cloud. Dengan perangkat tersebut membuat pengguna dapat menyimpan foto yang diedit pada  cloud dan bisa mengaksesnya lewat perangkat apapun. Misalnya, jika awalnya pengguna melakukan editing dengan PC, maka adanya sinkronisasi cloud tersebut memungkinkannya untuk melanjutkan pengolahan gambar di smartphone.

Kefleksibelannya ini secara tidak langsung akan memudahkan pengguna untuk mengedit foto dimanapun dan kapanpun bahkan disela kesibukan. Karena fitur ini bisa diakses melalui desktop, seluler maupun website, tentunya akan memudahkan pengguna dalam mengakses dan membagikan foto. Kelebihan lainnya, foto yang sedang diedit tersebut bisa dicadangkan secara otomatis.

4. Mempunyai Interface Yang Mudah Dipahami

Selain dari segi fitur yang dibawakan, aplikasi edit foto Lightroom juga memiliki keunggulan dari segi user interface. Biasanya, setelah mengunduh aplikasi tersebut pengguna akan diarahkan untuk melakukan login maupun membuat akun baru. Setelah itu, secara otomatis akan membuat pengguna bisa langsung menambahkan serta mengimport foto untuk langsung diedit.

Lightroom berhasil mengkombinasikan desain yang terlihat profesional, elegan sekaligus tetap mudah untuk dipahami. Apalagi dengan tombolnya yang besar dan ditambah tulisan yang jelas serta letak fitur yang tertata rapi, membuatnya terlihat simpel sekaligus berkelas di waktu bersamaan. Itulah keunggulan aplikasi Lightroom yang menjadikannya favorit bagi semua pengguna.

5. Membawakan Fitur Web Sharing

Kelebihan lain aplikasi ini adalah hadirnya fitur web sharing. Dimana, dengan fitur ini tentunya memudahkan pengguna bisa berbagi foto dengan orang lain secara mudah. Langkah yang perlu dilakukan cukup simpel, tinggal menekan tombol tiga titik vertikal di sebelah kanan atas. Lalu pilih opsi tambahkan ke, selanjutnya tekan ikon + dibagian kanan atas dan pilih opsi buat album baru.

Tak sedikit orang yang lebih menyukai Lightroom sebagai aplikasi pengolah gambar. Selain mudah untuk digunakan, fitur yang dibawakan juga tergolong cukup lengkap. Sehingga wajar jika beberapa orang menganggap perangkat ponsel tambahan ini sebagai aplikasi edit foto yang terbaik. Adapun keunggulan yang bisa anda rasakan apabila menggunakan perangkat tersebut.