Header Ads Widget

5 Tips Mengatur Keuangan Bagi Pasangan yang Baru Menikah

Menikah adalah salah satu impian bagi setiap pasangan, khususnya wanita. Sebab, kebanyakan wanita menganggap bahwa menikah adalah sebuah bentuk keseriusan pria terhadap hubungan  yang sedang dijalaninya.

Banyak yang mendamba-dambakan bisa berbahagia setelah menikah. Adapula yang menganggap bahwa menikah adalah sebuah hal yang mudah dilakukan dan dijalani.

Apakah benar demikian? Ya, menikah memang mudah dijalani ketika kedua belah pihak memiliki komitmen dan kesadaran diri akan tanggung jawab masing-masing.

Sebab, tidak sedikit pasangan suami istri yang mengalami keretakan hubungan rumah tangga hanya dikarenakan hal-hal sepele, salah satunya adalah masalah keuangan.

Biasanya, masalah keuangan ini akan dialami oleh pasangan baru yang belum memiliki pengalaman. Namun, sebelum hal itu terjadi alangkah baiknya kita memersiapkan diri terlebih dahulu dengan mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan yang baik dan benar bagi sebuah hubungan suami istri agar tidak terjadi konflik di kemudian hari.

Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa poin yang harus diperhatikan.

1. Kejujuran


Hal pertama yang harus diperhatikan oleh pasangan baru adalah kejujuran. Terapkan kejujuran dalam hal apapun, termasuk dalam keuangan. Ketika suami dan istri berkomitmen untuk sama-sama bekerja, lebih baik jujur dengan hasil atau gaji yang didapatkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa curiga dari salah satu pihak. Sebaiknya saling terbuka dan transparan daripada harus menutup-nutupi yang ujung-ujungnya membuat keretakan hubungan.

2. Membuat Rancangan Pengeluaran


Selanjutnya, suami dan istri harus sama-sama membuat rancangan pengeluaran, baik untuk makan, kebutuhan sehari-hari, transportasi, atau untuk sekedar jalan-jalan di akhir pekan. Semua rancangan itu harus jelas. Sebab, sering terjadi pasangan yang tidak membuat rancangan merasa uangnya selalu habis-habis terus dan mereka tidak tahu ke mana larinya uang tersebut.
Baca juga : 4 Tips Menjaga Hubungan Pernikahan Agar Tetap Langgeng

3. Menentukan Prioritas


Hal penting lainnya adalah menentukan prioritas. Sebagai pasangan yang baru saja menikah, tentu memiliki beberapa impian yang besar, misalnya memiliki rumah, mobil, dan perabotan yang lengkap. Untuk itu, tentukan prioritas pengeluaran. Jangan sampai mengeluarkan uang untuk hal-hal yang bukan prioritas dan ujung-ujungnya membuat menyesal. Ingat, prioritas utama adalah makanan dan tempat tinggal yang harus dipenuhi.

4. Saling Mengerti


Usahakan untuk membuang kebiasan-kebiasaan yang sering dilakukan saat masih lajang. Misalnya suka nongkrong, suka ngemall, suka belanja, sebaiknya dikurangi atau bahkan dihindari. Sebagai pasangan yang baik harusnya saling mengerti dan jangan meninggikan ego. Ingat, mencari nafkah bukanlah hal yang mudah jadi hargailah jirih payahnya dengan berhemat.

5. Sisihkan untuk Ditabung


Hal ini sangat penting untuk dilakukan oleh pasangan yang baru saja menikah. Jangan terlalu boros, usahakan sehemat mungkin dan menyisihkan uang untuk ditabung. Pada akhirnya, tabungan ini bisa digunakan untuk keperluan yang penting, misalnya biaya melahirkan atau uang muka rumah.




Baca lagi :

Jangan Takut Bertemu Calon Mertua Kalau Kamu Cinta Anaknya
4 Tips Memikat Hati Seseorang pada Pandangan Pertama
Ampuh! Inilah 3 Cara Agar Disayang oleh Bos