Header Ads Widget

9 Tipe Guru yang Selalu Ada di Setiap Sekolah


Siapa orang yang memiliki andil besar dalam mencerdaskan generasi bangsa? Jawabannya pasti guru. Ya, guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang tanpa lelah mengajarkan kita untuk keluar dari zona kebohodan. Berkat guru, kita bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk sehingga kita bisa menjadi generasi penerus yang memiliki ilmu serta budi pekerti luhur.

Tapi, bicara tentang guru, sadarkah kamu bahwa ternyata ada banyak tipe guru di sekolah? Ya, ada berbagai macam tipe guru yang pasti ada di setiap sekolah. Apa saja tipe-tipe guru tersebut? Simak informasinya berikut ini.

1. Tipe Guru Killer

Julukan guru killer memang sudah tidak asing lagi di sekolah. Predikat guru killer ini diberikan kepada guru yang galak dan kejam. Sebenarnya, mereka bersikap seperti itu hanya untuk kebaikan kita. Sebab, seperti yang kita tahu bahwa tidak sedikit siswa yang nakal dan tidak mau mengikuti pelajaran di kelas. Sehingga, dengan adanya guru killer ini, mereka bisa menjadi siswa yang patuh terhadap peraturan sekolah.

2. Tipe Guru Bersahabat

Berbeda dengan guru killer yang kerap ditakuti, tipe guru bersahabat justru sangat dicintai oleh kebanyakan siswa. Tipe guru ini biasanya suka merangkul siswa dan mendidiknya dengan cara pendekatan yang baik dan lembut. Walau saat pelajaran di kelas cukup tegas, namun setelah di luar kelas ia menganggap siswanya sebagai sahabat. Sehingga banyak siswa yang sangat menghormatinya.

3. Tipe Guru Pendongeng

Tipe guru selanjutnya adalah tipe guru pendongeng. Yups, tipe guru ini biasanya suka menyelipkan cerita di sela-sela materi yang sedang dia jelaskan. Biasanya, ia akan membagikan cerita tentang kehidupannya, keluarganya atau hanya sekedar membagikan pengalamannya selama menjadi siswa di masa lalu.

4. Tipe Guru Motivator

Ada banyak tipe guru motivator di sekolah. Tipe guru ini sangat bagus untuk meningkatkan semangat belajar siswa di sekolah maupun di rumah. Sama halnya dengan tipe guru pendongeng, tipe guru motivator juga kerap menceritakan pengalaman hidupnya namun dari sisi yang inspiratif. Dengan demikian, siswa dapat termotivasi setelah mendengarkannya.

5. Tipe Guru Penulis

Dikatakan sebagai tipe guru penulis dikarenakan suka sekali menulis. Umumnya, tipe guru seperti ini hanya menjelaskan materi sedikit dan lebih banyak menulis di papan. Tak jarang pula, semua siswa di kelas juga harus ikut menulis dan ia akan memeriksanya satu per satu. Lumayan melelahkan, ya.

6. Tipe Guru Pelawak

Hampir semua siswa di sekolah pasti akan menyukai tipe guru ini, ialah tipe guru pelawak. Pelajaran di kelas dengan waktu berjam-jam pasti akan sangat membosankan. Namun, hal tersebut tidak berlaku jika tipe guru pelawak yang mengajar. Sebab, di sela-sela pelajaran, ia akan bercerita tentang hal-hal lucu yang akan membuat siswa tertawa.

7. Tipe Guru tak Kasat Mata

Tipe guru tak kasat adalah tipe guru yang paling disukai oleh siswa pemalas, bahkan melebihi tipe guru lainnya. Bagaimana tidak? Tipe guru ini jarang sekali masuk kelas. Kalaupun masuk, tidak akan bertahan lama. Ia hanya akan memberikan tugas kepada siswa lalu pergi meninggalkan kelas.

8. Tipe Guru Pelupa

Tipe guru terakhir adalah tipe guru pelupa. Tidak sedikit siswa pemalas yang suka terhadap tipe guru ini. Sebab, guru pelupa biasanya akan lupa menanyakan tugas yang telah ia berikan sebelumnya. Bahkan, dalam kasus lain ada pula guru yang lupa jadwal mengajarnya sehingga kelas tidak ada yang mengisi pelajaran.

9. Tipe Guru Idaman

Dan yang tak kalah menarik perhatian juga adalah guru idaman. Guru yang satu ini biasanya memiliki usia yang masih muda serta paras rupawan. Kebanyakan siswa sangat suka dengan guru seperti ini. Bahkan mereka menganggap bahwa guru muda dengan wajah rupawan bisa membuat semangat belajar naik drastis.

Nah, itulah beberapa tipe guru yang selalu ada di setiap sekolah. Kalau kamu lebih suka tipe guru yang mana?

Author : Eva
Editor  : Maulana Affandi