Header Ads Widget

Ingin Menjadi Blogger Sukses? Simak Rahasianya Berikut ini


Hidup di era digital saat ini memang tidak bisa lepas dari yang namanya internet dan teknologi. Bahkan, istilah gaptek hampir tidak pernah lagi digaungkan karena sebagian besar orang sudah mulai mengenal dan menjamah internet dalam kehidupan sehari-hari.





Dari data terkini yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), seperti dikutip dari laman Kompas, menyebutkan adanya peningkatan jumlah manusia yang online secara signifikan. Tercatat sepanjang tahun 2017, setidaknya lebih dari 50 persen masyarakat di Indonesia sudah menggunakan internet.


[caption id="attachment_1233" align="aligncenter" width="865"]blogger-sukses-sastrawacana-2 photo credit : pexels.com[/caption]



Angka itu cukup menakjubkan bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang susah menembus angka 50 persen. Penggunanya pun bervarian, walau masih didominasi oleh kalangan anak muda. Namun, terlepas dari itu semua sebenarnya kita bisa melihat adanya sebuah peluang besar yang menanti di era digital.





Dengan merujuk data itu pula, banyak bidang industri yang mulai beralih dan meramban ke dunia online. Sebab, menggunakan cara konvensional pada era ini adalah keputusan yang konyol. Mengingat begitu banyaknya orang yang berselancar bebas di internet, sudah seharusnya sebuah industri menjaring pasar yang lebih luas dan memamerkan produknya dengan cara online.





Itulah salah satu dampak positif dari adanya internet yang bisa menumbuh kembangkan usaha kecil menengah menjadi bersaing dengan usaha yang sudah kancah nasional. Namun, apakah sebatas itu saja manfaat dari internet saat ini? Tentu saja tidak!





Seperti yang kita ketahui, begitu banyak orang yang memiliki hobi menulis dan menyalurkan bakatnya tersebut melalui sebuah platform online yang biasa disebut Blog. Ya, mendengar kata blog, sudah pasti yang pertama kali muncul di benak kita adalah pelakunya, yaitu blogger.





Blogger merupakan orang yang menggunakan platform online untuk menuangkan karya, ide, serta opini mereka untuk dibaca jutaan orang di luar sana. Awal mulanya, sifat dari blog hanyalah untuk berbagi pengalaman saja, namun semakin ke sini, banyak yang menjadikan blognya sebagai tambang dan sarang mencari penghasilan.





Hal itu bukanlah sebuah kebohongan, tapi fakta. Telah banyak blogger yang sukses menjadi milyarder dadakan hanya dengan mengandalkan blog. Kesuksesan dari para blogger itu pula yang kerap menjadikan blogger pemula ingin menempuh langkah yang sama, kerja sarungan, tanpa ada absen, tanpa berseragam, tanpa harus izin tidak masuk, dan tanpa aturan. Itulah enaknya menjadi blogger.





Tapi, apakah semudah itu menjadi seorang blogger sukses? Apakah bisa menjadi milyarder dengan waktu singkat? Apakah bisa membuat blognya terkenal sehingga dikunjungi banyak orang?





Tentu saja jawaban yang paling bijak adalah tidak semudah itu. Namun, walaupun tidak mudah, masih banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mempercepat proses meraih kesuksesan dari blog.





Pada dasarnya, blogger adalah seorang yang berkarya berupa tulisan melalui platform online. Jadi, bisa disimpulkan jika yang dijual dari seorang blogger adalah karyanya. Bukan begitu?


Baca juga : Apa Tujuanmu Ngeblog? Cerita ini Datang Dari Rekan Blogger Senior





Maka, dapat disimpulkan jika hal pertama yang harus diperhatikan ketika ingin menjadi blogger sukses adalah menulis karya dengan topik yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh orang banyak. Sebab, bagaimanapun juga konten adalah raja dan poin utama yang menentukan kesuksesan dari blog itu sendiri.





Lantas, setelah kita berhasil menulis konten berkualitas sehingga mendatangkan kunjungan yang drastis, apakah bisa dikatakan sukses? Jawaban paling benar adalah belum tentu. Sebab, dalam bermain blog, masih ada kemungkinan buruk yang ditakuti oleh kebanyakan blogger.


[caption id="attachment_1231" align="aligncenter" width="865"]blogger-sukses-sastrawacana photo credit : pexels.com[/caption]



Kemungkinan terburuk itu adalah blog kita down! Ya, ketika blog kita down, atau tidak kuat menampung kunjungan dari ribuan, bahkan jutaan orang di luar sana, maka semua akan sia-sia. Sebab, blog kita menjadi tidak bisa diakses sehingga menimbulkan kekecewaan bagi pembaca.





Ketika pembaca sudah kecewa karena blog menjadi sangat lemot, maka kesan pertama yang diberikan cukup buruk sehingga mereka enggan untuk datang dan berkunjung lagi ke blog kesayangan kita. Tentunya hal itu harus menjadi pertimbangan awal sebelum kita terjun dan memutuskan untuk menjadi seorang blogger.





Maka dari itu, sebelum membuat blog, ada baiknya kita menyiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin agar kemungkinan-kemungkinan buruk di kemudian hari tidak sampai terjadi. Salah satu pertimbangan penting adalah memilih hosting.





Mengapa pemilihan hosting dianggap penting? Sebab, bagaimanapun juga, hosting ibarat rumah yang siap menjamu tamu. Semakin baik dan semakin luas rumahnya, tentu saja bisa menampung tamu dalam jumlah banyak bukan? Selain itu, tamu juga akan lebih betah berlama-lama di dalam rumah jika rumah itu bagus dan terurus.





Namun, memiliki hosting bagi pemula memang tidak semudah dan semurah yang dibayangkan. Sebab, ada begitu banyak jenis hosting dan penyedia hosting yang menawarkan harga cukup tinggi, untuk sekelas blogger pemula.





Untuk itu, ada satu layanan penyedia hosting yang bisa kita gunakan karena memberikan kualitas terbaik dengan harga yang cukup terjangkau bagi pemula. Layanan penyedia hosting tersebut adalah IDwebhost. Nama ini cukup familiar, bukan?


[caption id="attachment_1234" align="aligncenter" width="1032"]idwebhost-sastrawacana IDwebhost[/caption]



Ya, IDwebhost memang cukup direkomendasikan oleh banyak blogger terkenal untuk blogger pemula. Sebab, selain menyediakan hosting dengan harga terjangkau, IDwebhost juga masuk dalam daftar peringkat hosting terbaik di Indonesia sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitas serta pelayanannya yang super prima.





Ada berbagai macam fitur serta varian harga yang ditawarkan sehingga blogger pemula bisa menyesuaikan dengan kebutuhan serta isi dompet masing-masing. Ketika sudah memilih hosting yang terbaik sebagai ‘rumah’ dari blog, maka selanjutnya tidak perlu ada rasa khawatir lagi jika rumah kita (blog) tidak mampu menampung tamu yang datang, walaupun jumlahnya tak terbendung.





Lantas, langkah terakhir ketika blog sudah aman walau dihujani pengunjung, yang harus kita lakukan adalah menyediakan space atau tempat untuk pengiklan. Tentu saja tarifnya bisa kita atur sesuka hati, namun tetap merujuk pada kisaran harga yang sewajarnya.





Lebih dari itu, jika ingin menambah penghasilan lain, kita bisa memasang iklan Adsense di blog kita. Sebab, sampai saat ini sudah banyak sekali blogger yang sukses mendadak dengan menjadi publisher di Adsense.





Itulah seputar informasi untuk menjadi blogger sukses, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berkarya!